Temanggung, InfoPublik – Kepanikan warga dan teriakan ketakutan seakan menyelimuti dusun Ngijingan, desa  Candimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung,Minggu (28/5), ketika dusun mereka tiba-tiba diterpa angin rebut (puting beliung) hingga merobohkan rumah warga.

Tidak disangka langit yang sebelumnya begitu cerah, tiba-tiba mendadak mendung dan tidak lama kemudian langsung turun hujan seolah mengguyur seluruh kota Temanggung.

Hujan deras yang disertai angin Minggu (28/5) sore mengakibatkan rumah warga yang dihuni oleh 3 orang keluaraga itu ambruk. Rumah atas kepemilikan Anggun (26) warga dusun Ngijingan, desa Candimulyo, Kecamatan Kedu, rusak di bagian teras.

Meskipun hanya teras yang rusak, namun material bangunan menimpa 3 mobil yang sedang terparkir di bawahnya. Penghuni rumah sempat menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Seluruh warga gotong royong untuk membantu membersihkan sisa-sisa material bangunan dan memindahkan 3 mobil tersebut ke tempat yang lebih lapang. Penghuni rumah dibantu warga untuk memindahkan barang berharga yang dirasa penting ke tempat tetangga sebelum meyakini bahwa rumah tersebut benar-benar aman.

Dian Chandra M.S. selaku koordinator lapangan BPBD Temanggung menambahkan bahwa perkiraan kerugian atas musibah ini mencapai Rp15 juta, sementara Anggun dan keluarganya mengungsi sampai rumahnya selesai direnovasi. (MC TMG/dian/ceye/toeb)