Gaya Hidup Sehat Warga Gunung Pangilun Dan Padang Utara

:


Oleh MC Kota Padang, Selasa, 23 Mei 2017 | 18:49 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Padang, InfoPublik - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen warga Gunung Pangilun, serta wilayah Kecamatan Padang Utara, dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, ucap Kepala Puskesmas Alai dr. Inna Rokendry Azwar  bersama Lurah Andi Amir pada pencanangkan Gerakan Masyarakat hidup Sehat  (Germas)  di Masjid Nurul Islam,  Gunung Pangilun Selasa, (23/5).

Germas bisa dilakukan dengan cara,  melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan.

“Pada tahap awal, Germas dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin,” kata Inna Rokendry Azwar.

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Germas mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Ayo gaya  hidup sehat, Pola hidup gaya sehat harus ditanamkan dalam diri, dan jangan lupa olah raga atau senam setiap hari, ini penting untuk kebugaran tubuh untuk semua orang.

“Setelah itu mengkonsumsi sayur mayur dan huah buahan,” kata Inna Rokendry Azwar dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sekaligus pembinaan Kader Posyandu Alai Parak Kopi dan Gunung Pangilun yang melibatkan LPM, TP-PKK dan Kader Posyandu di laksanakan di Masjid Nurul Islam,  Gunung Pangilun  tersebut.

Upaya mengajak serta masyarakat dalam menggiatkan hidup sehat di wilayah Kecamatan Padang Utara, Kepala Puskesmas Alai dr. Inna Rokendry Azwar menggelar sosialisasi gerakan.

Menurut Kepala Puskesmas Alai, kegiatan gerakan hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat dengan baik.

Untuk mencapai  upaya tersebut  Kepala Puskesmas mengajak berbagai elemen dari berbagai kalangan dan usia dari usia sekolah dan bahkan masyarakat lanjut usia (Lansia) yang ada di wilayah kerja Puskesmas untuk hidup gaya sejahtera.  

Kegiatan gerakan masyarakat sehat, diawali dengan kegiatan senam bersama di lokasi Manunggal BBGRM Gunung Pangilun.

Sementara itu, Lurah Gunung Pangilun Andi Amir, SH mengatakan bahwa gerakan masyarakat sehat secara nasional sudah dicanangkan sejak lama dan di kota Padang dilaksanakan Minggu (21/5) kemaren. Melalui Sosialisasi ini kembali mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan pola hidup sehat  setiap hari.

Secara umum, saat ini masyarakat tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sebagian justru disebabkan pola hidup yang  tidak sehat, untuk itu  mengajak masyarakat agar kembali melakukan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat tersebut, bisa dilakukan dengan hal sederhana di antaranya melakukan cek kesehatan minimal 3 bulan sekali, aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur setiap hari, hanya itu, biaya ringan.

Dan peranan kader posyandu sebagai ujung tombak bagi Dinas Kesahatan dan Kelurahan mendukung program bidang kesehatan masyarakat. Bersama menciptakan Warga Gunung Pangilun, Padang Utara dengan gaya hidup sehat. (MC Padang/ Irwandi Rais/toeb)