Puskemas Batang Gasan Masuk Nominasi Puskesmas Berprestasi

:


Oleh MC Kabupaten Padang Pariaman, Rabu, 17 Mei 2017 | 08:59 WIB - Redaktur: Tobari - 447


Padang Pariaman, InfoPublik - Puskesmas Batang Gasan, Selasa (16/5), dikunjungi tim juri dari Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh dr. Lila Yanwar,MARS (BKIM), karena menjadi salah satu wakil Kabupaten Padang Pariaman dalam Nominasi Tingkat Provinsi.

Dari 5 kategori yang dinilai, Puskesmas Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman mendapat 2 nominasi, yakni Puskesmas berprestasi dan tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan Puskesmas Sungai Geringging nominasi dokter dan tenaga medis berprestasi.

Acara diawali dengan aktifitas fisik selama 15 menit dengan gerak-fisik sambil senam  bersama, sambil menyanyikan lagu Goyang Dumang yang dipopulerkan oleh penyanyi Cita Citata.

Dewan Juri, Staf Ahli Hj. Suarni Murad, SH, M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinuddin, Camat Batang Gasan Rahmad, Amp. Kaplosek, Kepala Puskesmas, Bidan, Wali Nagari, dan semua peserta acara penilaian ini bergerak fisik sambil senam bersama yang bertujuan menyegarkan badan setiap pukul 10.00.

“Mari kita tingkatkan pelayanan dan bekerja keras karena Puskemas Batang Gasan dalam 15 tahun ini belum menunjukkan prestasinya, tentunya dengan momen ini kita akan memenuhi indikator-indikator demi tercapanya harapan kita semua, Padang Pariaman juara I se-Sumatera Barat,” kata Ketua DPRD Kab. Padang Pariaman H. Faisal Arifin, S.IP .

Bupati Padang Pariaman pada Kesempatan ini, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Hj. Suarni Murad, SH, M.Pd, mengatakan pada hakekatnya Puskesmas Berprestasi adalah puskesmas yang memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan.

“Serta, membangun dan meningkatkan pelayanan dan kerja tim antar staf, memberikan pendidikan kepada seluruh komponen perangkat kerja puskesmas dan pengingkatan fasilitas penunjang kesehatan serta meningkatkan keamanan dalam bekerja,” katanya.

Adapun manfaat penilaian ini bagi Dinas Kesehatan ialah sebagai wahana peningkatan mutu kinerja melalui peningkatan berkesinambungan melalui sistem manajemen puskesmas. Mudah-mudahan Puskesmas Batang Gasan menjadi juara.

“Selamat berlomba tunjukkan pada tim penilai bahwa kita layak,” kata mantan Sekrertaris DPRD Kabupaten Padang Pariaman ini.

Hal yang akan dinilai ialah kinerja pokok, pelayanan masyarakat, kerjasama Puskesmas dengan masyarakat dalam kesehatasn serta peran serta Camat dan Muspika dalam menunjang  pelayanan kesehatan masyarakat.

“Dan yang utama sekali ialah menurunkan yang sakit dan meningkatkan yang sehat,kata Mantan Kepala RSUD Pariaman yang juga Ketua Tim Penilai dr. Hj. Lila YAnwar, MARS.

Pada tahun 2015 Puskesmas Siberut Mentawai mendapat Juara I Nasional dan pada tahun 2016 Puskesmas di Dharmasraya mendapat Juara II Nasional Puskemas Berprestasi.

Dan jika Puskesmas Batang Gasan bisa memenuhi pokok penilaian dari kami Tim Penilai yang terdiri dari unsur Poltekes, BPJS dan Dinas Kesehatan, maka tentunya bukan tidak mungkin Puskesmas Batang Gasan Tahun ini yang akan ke Istana Negara bertemu dengan Presiden.

Puskesmas Batang Gasan menyampaikan expose dengan menunjukkan dokumentasi kepada Tim Penilai di layar Infokus tentang program apa saja yang telah berjalan di Puskesman Batang Gasan dan target ke depanya.

Serta peran Dinas Kesehatan Padang Pariaman sebagai pengarah pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Batang Gasan. Setelah itu  masing-masing tim penilai masuk ke dalam ruang Gizi, ruang Poli, UGD, Poli Anak dan ruang PromKes Puskesmas sesuai kriteria penilaian. (MC Padang Pariaman/toeb)