120 Perawat RSUD di Bone Bolango Dibekali Latihan EKG Dasar

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 15 Mei 2017 | 06:34 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Bone Bolango, InfoPublik - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila, Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan kegiatan Inhouse Training Electrokardiogram (EKG) dasar tahun 2017.

Elektrokardiogram merupakan grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf, yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu.

Kegiatan latihan EKG dasar yang akan berlangsung selama delapan hari dari tanggal 13-20 Mei 2017 itu, diikuti sebanyak 120 perawat di dua RSUD di Kabupaten Bone Bolango, yakni RSUD Toto Kabila dan RSUD Tombulilato, bertempat di Hotel Amaris Kota Gorontalo.

Direktur RSUD Toto Kabila melalui Kabid Pelayanan, dr. Milyadi Maksum saat membuka kegiatan tersebut, Sabtu (13/5), mengatakan dengan adanya pelatihan EKG dasar kepada para perawat, ini diharapkan akan memberikan output yang signifikan bagi pelayanan di rumah sakit, baik di RSUD Toto Kabila maupun di RSUD Tombulilato.

Menurutnya, sebagai bidang pelayanan pihaknya berusaha bagaimana meningkatkan pelayanan kepada pasien. Paling utama adalah bagaimana meningkatkan kompetensi kepada pemberi pelayanan, yakni para perawat rumah sakit.

“Pemberi pelayanan harus diberi penguatan dalam hal materi-materi teknis dan juga pengetahuan salah satunya EKG,” ujarnya.

Disamping itu, lewat pelatihan ini kami dari manajemen rumah sakit berharap akan mendapatkan SDM-SDM perawat yang bermutu guna meningkatkan pelayanan kepada pasien-pasien, baik pasien jantung maupun pasien lainnya.

“Mudah-mudahan dengan ilmu EKG dasar ini diharapkan bisa berkolaborasi dengan pemberi pelayanan yang lain dan ujung-ujungnya adalah peningkatan pelayanan di RSUD Toto Kabila dan juga RSUD Tombulilato,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha (KTU) RSUD Toto Kabila, Vik Salamanja yang juga selaku Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bone Bolango, menambahkan kegiatan latihan EKG dasar ini sengaja diadakan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi para perawat.

“Alhamdulillah untuk kegiatan latihan EKG ini, kita rangkaikan dengan momentum peringatan Hari Perawat Internasional (HPI) tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 12 Mei. Semoga dengan peringatan HPI ini kita bisa meningkatkan kinerja dan kompetensi kita, sehingga bisa memberikan kepuasan dalam pelayanan pasien,” tutur Vik Salamanja dan berharap ilmu yang didapatkan oleh para perawat yang mengikuti kegiatan pelatihan EKG itu, bisa bermanfaat bagi rakyat Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo umumnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia pelaksana, Iskandar Simbala mengatakan seiring dengan meningkatnya kunjungan pasien di RSUD Toto Kabila dan RSUD Tombulilato saat ini, maka tuntutan mutu pelayanan rumah sakit semakin meningkat pula. Sehingga dibutuhkan SDM, khususnya para perawat yang berkualitas, terutama dalam hal mengoperasikan dan menginterpretasikan EKG di rumah sakit.

Dijelaskan Iskandar Simbala, sementara tujuan dari kegiatan latihan EKG ini untuk meningkatkan mutu SDM perawat di rumah sakit dan menghasilkan perawat yang mampu membuat rekaman jantung atau EKG serta mampu menginterpretasikan EKG.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 perawat di RSUD Toto Kabila dan RSUD Tombulilato, yang dibagi dalam empat tahap dimana masing-masing tahap sebanyak 30 peserta dan kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 13-20 Mei 2017,” tutupnya. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)