198 Atlet Pelajar Se Sumatera Barat Bersaing Tempati 12 Cabor PPLP

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Jumat, 12 Mei 2017 | 09:33 WIB - Redaktur: Tobari - 707


Padang, InfoPublik - Sebanyak 198 atlet pelajar dari kabupaten dan kota se Sumatera Barat bersaing  menempati 12 Cabor, yang dibuka Dispora melalui UPTD Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar ( PPLP) Sumbar, pada seleksi Rabu (10/5) di komplek PPLP Provinsi Sumatera Barat Jalan By Paas Sungai Sapih Padang.

Panitia Pelaksana Kepala Seksi Pendidikan dan Latihan UPTD PPLP Sumbar Drs. Maswar, M.M dalam laporannya menyampaikan, seleksi ini dilaksanakan dari 10 sampai 13 Mei 2017, dengan tujuan untuk mengganti 35 atlet/siswa yang tamat sekolah, indisipliner, prestasi tidak meningkat, dan mengalami gangguan kesehatan.

“Seleksi ini juga bertujuan mencari bibit atlet pelajar potensial yang akan dibina di PPLP Sumbar, yang nantinya diharap mampu mempersembahkan prestasi olahraga bagi daerah serta dapat meraih pendidikan akademik setinggi-tingginya,’’ kata Maswar.

Sementara cabor yang akan menerima atlet pelajar pada seleksi ini antara lain, atletik diikuti 13 orang, pencak silat 31 orang, sepak takraw 49 orang, sepakbola 50 orang, karate 7 orang, panahan 5, gulat 17, taekwondo 11 orang, kempo 7 orang, tarung derajat 4, balap sepeda 4 orang, dan judo. Kusus judo, pemilihan atlet dilakukan melalui pantauan pemprov bersangkutan.

“Pada seleksi ini, kita hanya membuka 12 cabang olahraga, kempo dan tarung derajat merupakan dua cabor tambahan,’’ terang Maswar.

Kepala Dispora diwakili Kepala UPTD PPLP Provinsi Sumbar Edwarsyah Ramli,S,Sos, saat membuka seleksi mengatakan, dalam melaksankan seleksi kita sudah komitmen dengan para pelatih cabor, untuk memilih siswa secara jujur dan transparan berdasarkan kualitas olahraga serta pendidikan yang dimiliki. “Tidak ada siswa titipan dalam seleksi ini,” ujarnya.

Ia berharap atlet pelajar yang ikut dalam seleksi ini agar dapat menampilkan kemampuan terbaiknya, dan jangan berharap bantuan pihak manapun, karena yang dipilih nanti sudah pasti mereka yang terbaik.

Dia juga menyatakan, meski memilik sarana dan prasarana yang kurang memadai, PPLP Sumbar tetap berupaya melahirkan atlet-atlet berprestasi dalam mengharumkan nama Sumatera Barat diberbagai kejuaraan, baik di tingkat wilayah, Nasional bahkan Internasional.

“Kita akan terus berupaya PPLP Sumbar tetap menorehkan prestasi demi prestasi seperti yang telah diraih PPLP Sumbar, peringkat 5 besar nasional di Popnas DKI tahun 2013 dan Popnas Jabar 2015 lalu, dan begitu juga dengan Popnas 2017 di Jawa Tengah nanti prestasi dapat diraih kembali,’’harap Edwarsyah.

Sementara angin segar bagi atlet pelajar untuk berlaga dilevel daerah yang lebih besar, dihembuskan pihak KONI Sumbar diwakili ketua Bidang Pembinaan Prestasi Dr.Damrah,M.Pd, saat menyampaikan sambutanya, dimana pihaknya akan mengupayakan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Remaja, pada tahun 2019.

“Dengan adanya Porprov Remaja, kita yakin atlet pelajar dapat mengasah kemampuan dan menambah jam terbang dalam ajang kejuaraan,’’ katanya.

Turut hadir pada pembukaan itu, Sekretaris Dispora Sumbar Dewita Murni,ST,M.Pd, perwakilan Pemprov cabor, dan undangan lainnya. (MC Sumbar/Dispora/Mul/ toeb)