Uji Kelayakan Bus Pariwisata Di Temanggung

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Jumat, 5 Mei 2017 | 10:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 506


Temanggung, InfoPublik-Satuan Lantas Polres Temanggung bersama Dinas Perhubungan didampingi Organda Kabupaten Temanggung menggelar pemeriksaan uji kelayakan bus pariwisata untuk mencegah kejadian kecelakaan lalu lintas.

Pemeriksaan di antaranya meliputi fungsi rem, mesin, kemudi, lampu dan roda oleh Dinas Perhubungan yang dipimpin Kepala Bidang Tekhnis Sarana dan Prasarana Chairil Machfudz.

Kasatlantas Polres Temanggung AKP Supadi, Kamis (4/5) mengatakan pemeriksaan uji kelayakan diperlukan demi keamanan, kenyamanan penumpang dan pengguna jalan. Selain bus pariwisata juga pada bus penumpang reguler baik AKAP, AKADP dan bus malam. "Jangan sampai ada laka lantas seperti di Puncak Bogor dan daerah lain,"ujarnya.

Dikatakan dalam pemeriksaan juga difokuskan pada kelengkapan surat-surat kendaraan, pemeriksaan di antaranya di pool bus Safari Dharma Raya.

Pada pemeriksaan itu, terlihat sejumlah bus menjalani pemeriksaan oleh tim mekanik PO setempat. Polres mengimbau pada pemilik kendaraan untuk memperhatikan kelayakan kendaraan sebelum dioperasikan.

Demikian juga pada semua pengguna jalan khususnya kendaraan berpenumpang agar memperhatikan kondisi kendaraan dan selalu melakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan. (MC Tmg/Ara/Eyv)