Jumlah Peserta OGN Dharmasraya Meningkat

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Jumat, 5 Mei 2017 | 08:46 WIB - Redaktur: Kusnadi - 642


Dharmasraya, InfoPublik -  Jumlah guru yang mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN)  Tingkat SD dan SMP di Kabupaten Dharmasraya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Kegiatan OGN dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius, S.Pd, MM diwakili Sekretaris Dinas, Reno Lazuardi, S.Pd, M.Si di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (4/5).

Dalam sambutannya, Reno mengajak guru untuk selalu meningkatkan kompetensi  dan menumbuhkembangkan jiwa kompetensi dalam diri masing-masing.

“Bagaimana mungkin, kita akan mendorong siswa untuk berprestasi kalau dalam diri bapak/ibu tidak ada kebutuhan untuk berprestasi (need of achievement),” ungkapnya.

Dikatakannya, ajang OGN bukan semata untuk mencari pemenang, tetapi juga sebagai sarana evaluasi bagi Dinas Pendidikan dalam memetakan mutu gurunya.

Dikatakan, seorang guru di era modern ini, harus lebih kreatif menggali informasi dari berbagai sumber. OGN diharapkan mampu melahirkan guru-guru yang berkualitas, baik secara intelektual maupun operasional.

Kegiatan OGN tahun ini diikuti oleh 163 peserta, berasal dari guru kelas Sekolah Dasar (SD) 60 orang, guru mata pelajaran SMP 103 orang. Ada lima jenis guru mata pelajaran yang diuji dalam ajang ini meliputi guru Matematika, IPA, IPS, Bahasa  Indonesia dan Inggeris.

“Kita senang karena jumlah peserta  mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Untuk guru kelas SD, panitia telah menyiapkan 40 eksamplar soal, ternyata yang hadir mencapai 60 orang” kata Ketua panitia pelaksana, Indra Friedi, S.Pd, MM yang didampingi Kabid. Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Delnafrizal, S.Pd, M.Si.

Ditambahkannya, penilaian dalam OGN menggunakan sistem “passing grade”, artinya peserta yang memperoleh nilai tertinggi nantinya menjadi nominasi untuk mengikuti lomba sejenis tingkat propinsi Sumatera Barat dan Nasional, yang akan diselenggarakan bulan Juli dan Agustus mendatang.

“Semoga  ada salah seorang peserta OGN 2017  yang jadi nominasi ke tingkat nasional, karena pada 2016 kabupaten Dharmasraya berhasil masuk 10 besar OGN tingkat nasional yaitu Nur Hadisah, S.Pd, guru Bahasa Inggeris SMP Negeri 01 Koto Baru, kata Indra sambil berharap.(*MTh**/Kus)