DWP Kabupaten Indramayu Adakan Pelatihan e-Reporting

:


Oleh Media Center Kabupaten Indramayu, Rabu, 3 Mei 2017 | 17:49 WIB - Redaktur: Tobari - 454


Indramayu, InfoPublik - Kemajuan dunia teknologi dan informasi telah masuk ke berbagai sendi kehidupan. Bukan hanya pada pelaksanaan jalannya pemerintahan semata, namun organisasi wanita pun dituntut untuk bisa melakukan penerapan teknologi informasi dalam pelaksanan jalannya organisasi tersebut.

Seperti halnya organisasi para istri PNS atau Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Indramayu mereka melakukan pelatihan pelaporan secara elektronik atau e-reporting dalam penyusunan laporan kegiatan organisasinya.

Kegiatan yang diikuti oleh para pengurus DWP dari setiap SKPD dan juga kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu tersebut, berlangsung di Hotel Trisula Indramayu, Rabu (3/5).

Ketua DWP Kabupaten Indramayu Ny. Euis Gahrika Bahtiar menjelaskan, kegiatan ini dilakukan karena para kader atau istri PNS ini menginginkan kemajuan organisasi dengan mengikuti perkembangan saat ini.

Seperti diketahui, bahwa perkembangan teknlolgi sudah dalam genggaman masyarakat. Untuk itu DWP harus mengikutinya agar lebih mudah, praktis, cepat, dan efisien.

“Selama ini jika diminta laporan secara manual, maka seringkali diabaikan dengan alasan kesibukan dan tidak ada waktu. Namun dengan teknologi saat ini semua itu bisa dilakukan dari manapun. Setelah mengikuti kegiatan ini tidak ada lagi menunda laporan,” tegas Euis.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Indramayu Ahmad Bahtiar mengatakan, pelatihan e-reporting merupakan salah satu program yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas DWP dalam hal teknologi informasi. E-reporting adalah cara pelaporan baru program kerja DWP secara online yang harus disosialisasikan kepada unsur pelaksana DWP.

Melalui pelatihan e-reporting, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengurus dalam membuat laporan berbasis teknologi informasi, mampu mengembangkan DWP sebagai organisasi modern berbasis data yang akurat dan up to date.

“Serta mewujudkan bank data atau data center yang berguna untuk pengembangan organisasi menuju center of excellence,” kata Sekda.

Penggunaan teknologi informasi  saat ini merupakan keniscayaan, banyak sisi positif dari pengetahuan dan pemahaman teknologi informasi. Untuk itu para anggota DWP harus menguasainya dan DWP harus menjadi organisasi tangguh. (MC Indramayu/toeb)