Siswi SDN Pesayangan 2 Juara Lomba Bercerita

:


Oleh MC Banjar, Kamis, 27 April 2017 | 11:26 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 789


Martapura, infoPublik – Muthia Habibah akhirnya berhasil menjadi yang terbaik pada Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar, kemarin. Siswa dari SDN Pasayangan 2 Martapura  ini, mengalahkan belasan  peserta lainnya dari sejumlah SD dan sekolah sederajat di Kabupaten Banjar.

Sedangkan juara kedua diraih Zahroh Al Batula dari SD Iskam Arriyah Sambung Makmur, juara ketiga Muhammad Noval dari SDN Pasar Jati, Juara harapan I diraih Ghina Azkia siswa SDN Sungai Tabuk Kramat, sedangkan juara harapan II dimenangkan oleh Delvi Azizah Rizqiah dari SDN Martapura Timur dan juara harapan III diraih Siti Hayatun Nufus siswa SDN Gambut 2.

Pada acara yang dihelat oleh Kantor Perpustakaan dan arsip Daerah Kabupaten Banjar di Aula Barakat Pemkab Banjar ini, diawali dengan pembacaan puisi oleh Sastrawan Banjar Fachruddindan Hj. Aida.  Sedangkan sebagai penampil pertamaadalah Fitri dari SDN Cabi Kecamatan Simpang Empat yang membawakan kisah Nini Kudampai dan Si Angui.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik H Muhammad yang mewakili Bupati Banjar H Khalillurahman membuka acara mengatakan,  lomba bercerita merupakan upaya untuk melestarikan cerita rakyat,

“Lomba bercerita ini menjadi salah satu media untuk mengasah daya imajinasi dan nalar, daya pikir, daya ingat serta kecerdasan daya pikir serta kecerdasan verbal anak-anak kita, selain itu, juga bernilai sangat positif, guna mengasah kreatifitas, menumbuhkan rasa percaya diri dan kekuatan mental anak, agar berani tampil di depan umum, Hal ini tentunya sangat berguna pula untuk bekal mereka di kemudian hari,” ujar Muhammad.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj Yasna Khairina , menjelaskan jumlah peserta lomba tersebut sebanyak 12 orang yang mewakili 20 Kecamatan di bawah 14 UPT Pendidikan.  Sedangkan dewan juri merupakan mereka yang ahlidi bidangnya yakni Fachruddin, Ali Syamsuddin dan HM Dimyati.

Menurutnya, kegiatan lomba bercerita bertujuan untuk menumbuh kembangkan gemar membaca  bagi anak-anak SD dan sederajat, sehingga  akan menumbuhkan rasa kecintaan anak-anak terhadap bangsa, membangun karakter dan kecerdasan dan cinta akan karya budaya melalui bahan bacaan atau buku.

“Perlombaan ini mengusung tema Menumbuh Kembangkan Minat dan Kegemaran Membaca Melalui Buku-Buku Cerita Lokal, Budaya Daerah, Sejarah dan Kepahlawanan.

"Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan lomba bercerita difokuskan kepada siswa-siswi SD sederajat dari kelas 5 yang lembaganya mempunyai perpustakaan sekolah wilayah unit pelaksana teknis pendidikan se Kabupaten Banjar,”ucapnya seraya menyebutkan bahwa pemenang lomba nantinya akan mewakili Kabupaten Banjar ke lomba bercerita tingkat provinsi yang di jadwalkan akan diselenggrakan pada Mei mendatang. (MC-Kab.Banjar/yani/dani/eyv)