Kota Bengkulu Menuju Zona Bebas Korupsi

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Rabu, 5 April 2017 | 12:08 WIB - Redaktur: Tobari - 285


Bengkulu, InfoPublik - Pemerintah Kota Bengkulu bersama dengan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menggelar rapat perencanaan kegiatan Saber Pungli dan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi di Kota Bengkulu. Rapat dilakukan di ruang kerja Sekretaris Kota, Bentiring, Selasa (4/4) pagi.

Sekretaris Daerah (Sesda) Kota Bengkulu Marjon mengatakan, rapat membahas sejumlah kegiatan. Namun, inti rapat adalah mengutamakan aspek pencegahan dalam penanganan masalah Pungli.

Untuk itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Bengkulu diperintahkan membuat standar pelayanan publik.Tujuannya, untuk menghidari peluang terjadinya pungli dan korupsi di wilayah kerja Pemerintah Kota Bengkulu.

"Kita bergerak bukan pada saat ada pungli saja. Tapi kita bergerak jangan sampai terjadi praktik pungli," kata Marjon kepada Jurnalis usai rapat.

Tapi, jika upaya pencegahan sudah dilakukan, namun praktek pungli masih marak terjadi maka setiap pejabat harus siap menerima konsekuensi dan berurusan dengan hukum yang belaku.

Kalau nanti tetap ada pelanggaran, tentu nanti ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku. Tapi tugas utama pemerintah adalah membuat standar pelayanan agar tidak ada pungli.

Untuk itu, Marjon menargetkan wilayah kerja Pemerintah Kota menjadi wilayah bebas pungli dan korupsi. "Kita target zero pungli dan bersih dari korupsi," katanya.

Selain itu, dalam rapat juga dibahas terkait persiapan launching tim Saber Pungli dan beberapa evaluasi kerja. "Kita bahas juga persiapan launching Saber Pungli diawal bulan Mei, terkait juga dengan launching PTSP bersama dengan KPK," katanya. (MC Kota Bengkulu/Muammar/Nugroho Tri Putra/toeb)