Bank Indonesia Akan Kembangkan Klaster Beras di Bone Bolango

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 18 Maret 2017 | 05:55 WIB - Redaktur: Tobari - 661


Bone Bolango, InfoPublik - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemkab Bone Bolango untuk pengembangan klaster beras di Bone Bolango.

Penandatanganan PKS ini masing-masing oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Gorontalo Suryono dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, yang juga melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bone Bolango, Bank Sulutgo, dan Bank BRI Cabang Gorontalo, di Pendopo Bandhayo Rudis Bupati Bone Bolango, Jum’at (17/3).

Bupati Hamim Pou mengatakan Perjanjian Kerja Sama untuk pengembangan klaster beras ini sangat bagus, apalagi bagi kita di Bone Bolango. Setelah kita fokus di pengembangan industri kecil karawo juga pengembangan sapi, maka kali ini kita kerja sama dalam pengembangan klaster beras.

Hamim Pou mengakui memang dari sisi ketersediaan lahan, terutama lahan padi di Bone Bolango hanya sekitar 4.000 hektare, jauh lebih kecil dibandingkan dengan lahan yang dimiliki oleh beberapa kabupaten lain di Gorontalo, dengan produktivas beras rata-rata 6 ton per hektarenya.

Olehnya, kata Bupati Hamim Pou, pihaknya ingin lewat kerja sama dengan Bank Indonesia ini para petani di Bone Bolango bisa mendapatkan akses permodalan yang mudah, murah dan sederhana dari perbankan yang ada di Gorontalo.

“Kalau mereka bisa berkomunikasi dengan baik dengan bank, didanai dan dimodali oleh bank, tentu ini akan mengurangi praktek-praktek ijon, praktek-praktek mereka berhubungan dengan perbankan liar atau perbankan gelap,” ujar Bupati Hamim Pou.

Dengan demikian, para petani bisa meningkatkan produktivitas padi atau beras mereka menjadi lebih baik. Malah, kalau produktivitas padi maupun beras naik tentu akan meningkatkan pendapatan para petani. 

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan BI Gorontalo Suryono menjelaskan tujuan dari penandatanganan PKS tersebut adalah menguatkan sinergitas, menguatkan kolaborasi, dan koordinasi antara semua pihak, di dalam pengembangan klaster beras di Kabupaten Bone Bolango.

“Jadi dari BI nanti akan memberikan bantuan teknis, promosi, dan kemudian juga menghubungkan petani dengan perbankan supaya bisa mendapatkan akses kredit,” jelasnya dan berharap lewat kerja sama ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bone Bolango terutama para petani padi maupun beras. (MCBone Bolango/Hms/Kadir/toeb)