KPU Sleman Jajaki Kerjasama Dengan Kemenag Sleman

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Kamis, 9 Maret 2017 | 13:31 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 303


Sleman, InfoPublik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman adalah lembaga negara yang ada di tingkat Kabupaten. KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum di Kabupaten Sleman, meliputi Pemilihan Anggota DPRD, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Komisi Pemilihan Umum tidak dapat disejajarkan kedudukannya dengan lembaga - lembaga negara yang lain.

Hal tersebut dikarenakan kewenangan KPU ditentukan dan diberikan oleh UUD 1945. KPU sebagai penyelenggara Pemilihan selain merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum juga melaksanakan fungsi sosialisasi kepada masyarakat.

Rombongan dari KPU Kabupaten Sleman dipimpin oleh Ketua KPU Achmad Shidqi hadir untuk melakukan Audensi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman di Ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Rabu (08/03).

Dalam kesempatan itu, Achmad Shidqi menyampaikan program rencana kegiatan dari KPU pra Pemilu dan pasca Pemilu, dengan harapan ada program yang dapat disinergikan dengan Kemenag Sleman.

Dari uraian program yang disampaikan Ketua KPU Sleman ada dua sekmentasi dari Kemenag yang dapat digarap yaitu sekmen Keagamaan dan Pemilih pemula. Tujuan dari sosialisasi sendiri adalah untuk menjadikan pemilih yang cerdas.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd.I. mengatakan,“Pemilu yang dilaksanakan serentak terkadang ada gesekan antar pendukung calon, dan juga merupakan salah satu penyebab dari gesekan diataran warga pemilih,”jelasnya.

Dalam hal ini Kemenag sebagai fasilitator dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bisa memeberikan kesempatan kepada KPU Sleman untuk dapat memberikan sosialisai tentang pemilu, selain itu ada Penyuluh Agama yang mempunyai warga binaan juga bisa membatu KPU memberikan informasi pada masyarakat.

Sasaran pemilih pemula adalah siswa Madrasah Aliyah perlu adanya pengarahan, Guru PKN di Madrasah bisa dijadikan ujung tombak untuk menyampaikan pesan dari KPU. (MC.Kab.Sleman/Kemenag/Hen/Eyv)