Lelang Jabatan Rentan Menjadi Sumber Korupsi

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Rabu, 1 Maret 2017 | 09:31 WIB - Redaktur: Tobari - 311


Bengkulu, InfoPublik - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengingatkan agar setiap pemerintah daerah untuk tidak melakukan korupsi, karena ada beberapa wilayah yang proses lelang jabatannya menjadi sumber korupsi.

“Kita berharap kasus tersebut tidak terjadi di Provinsi Bengkulu,” kata  Ketua Tim Korsupgah (Koordinasi dan Supervisi Pencegahan) Korupsi KPK Adliansyah Nasution dalam acara Monev Progress Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegrasi, di Gedung Daerah Serasan Seijoan Kabupaten Seluma, Selasa (28/2).

Pria yang akrab disapa Coky ini mengingatkan bahwa KPK serius mendampingi daerah-daerah di Bengkulu untuk melakukan pencegahan korupsi. Jika ada oknum-oknum yang mengganggu eksekutif, silakan laporkan ke KPK.

Dirinya juga mengingatkan bahwa monitoring dan evaluasi (Monev) ini merupakan tindaklajut dari MoU rencana aksi pencegahan korupsi pada September 2016 lalu. Dan ini Monev kedua di Provinsi Bengkulu. 

"Pemerintah Daerah jangan lupa bahwa kebutuhan sarana dan prasarana harus diutamakan. Kami akan monitor semuanya," ujarnya.

Dirinya juga mengharapkan agar rencana aksi pencegahan korupsi dapat berjalan sesuai aturan. Jika daerah tidak mampu untuk memprogramkan sesuatu, maka jangan memaksakan kemampuan keuangan daerah.

Sementara itu, Bupati Seluma H. Bundra Jaya dalam sambutannya mengatakan tetap komitmen menjalankan MoU rencana aksi pencegahan korupsi. "Mari bekerja dengan ikhlas dan tuntas. Semoga kita dapat membangun sesuai dengan aturan agar tidak tersentuh dengan permasalahan hukum," ujarnya.

Dirinya juga memotivasi agar para ASN dapat memaksimalkan pekerjaan meskipun sarana dan prasarana terbatas.

Tampak hadir dalam acara ini Walikota Bengkulu yang diwakili Sekda, perwakilan Pemprov Bengkulu, perwakilan Ombudsman Bengkulu, Bupati Benteng, perwakilan Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Seluma.(MC Kota Bengkulu/Nugroho Tri Putra/toeb)