Wali Kota Palembang Tegur Pedagang yang Tak Peduli Kebersihan

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 1 Maret 2017 | 05:57 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 661


Palembang, InfoPublik - Wali Kota Palembang Harnojoyo mendadak menyuruh sopirnya menurunkan kendaraan, Selasa (28/2). Saat itu mobil dinas Harnojoyo berada di depan Rumah Sakit AK Gani.

Harnojoyo yang berpenampilan jas lengkap dengan dasi, lantas turun dan mendekati mobil jenis Avanza putih yang terpakir di depan rumah sakit.

Bagian belakang mobil terbuka lebar. Di dalamnya ada aneka jualan, mulai minuman ringan hingga kue. Tapi, bukan ini yang menarik perhatian Harnojoyo dan kemudian membuatnya marah.

Adalah sampah yang berserakan di sekitar mobil yang menjadikan suara Harnojoyo meninggi saat menegur penjual makanan dalam mobil itu. Penjualnya seorang wanita.

“Ini sudah disiapkan tempat sampah. Masih saja buang sampah sembarangan. Apalagi ini di depan rumah sakit. Harusnya kamu ngerti kebersihan,” ujar Harnojoyo, sembari menekan amarahnya.

Wali Kota yang terkenal dengan ikon gotong royong membersihkan lingkungan ini menyebut tidak akan segan-segan mengusir pedagang di sekitar RS AK Gani yang tidak peduli lingkungan. “Kalau tidak bisa jaga kebersihan jangan berdagang di sini.”

Si penjual menyadari kesalahannya. Ia tampak malu. Lantas turun dari mobil dan segera memungut sampah yang berserakan di bawah mobil dan di bawah pohon tak jauh dari mobil terparkir.

“Iya Pak. Maaf, saya akan buang sampah di tempatnya,” kata perempuan tersebut.

Video Harnojoyo menegur perempuan ini ramai diperbincangkan netizen di Instagram. Mereka mendukung sikap tegas Wali Kota Palembang terkait lingkungan.

Harnojoyo pantas marah. Di tengah upayanya memotivasi masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, perilaku si penjual justru bertentangan dengan keinginan Wali Kota. Semoga ini jadi pelajaran dan tidak diulang lagi oleh siapa pun. (Ria Amelia/Hidayatullah)