Pemda Bogor Dukung Tempat Wisata Berunsur Nilai Edukasi

:


Oleh Eka Yonavilbia, Rabu, 1 Maret 2017 | 14:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Bogor, InfoPublik–Kecamatan daerah Ciampea Kabupaten Bogor mendukung adanya Kampoeng Wisata Cinangneng. Kampung ini merupakan destinasi wisata yang dapat dinikmati masyarakat dengan unsur edukasi.

“Saya sangat mendukung Kampoeng Wisata Cinangneng ini karena  sangat berdampak pada masyarakat Ciampea khususnya untuk sekolah-sekolah” kata Sekertaris Camat daerah Ciampea, Kabupaten Bogor, Cecep Imam,Kamis, (23/2).

Kampoeng wisata Cinangneng ini disebabkan dapat memberdayakan masyarakat Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.Menurutnya, Kampoeng Wisata yang berlokasi di Jalan Babakan Kemang,Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini secara tidak langsung dapat mengharumkan nama Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, karena terdapat beberapa unsur edukasi di dalamnya.

“Menari jaipong, menyanyi lagu Sunda, memainkan gamelan, melukis caping, memandikan kerbau dan masih banyak kegiatan pedesaan lainnya sangat bagus untuk pendidikan anak sekolah di jaman sekarang ini,”jelasnya.

Pihak Pemda Bogor pun sempat menawarkan program bantuan seperti perluasan lahan, namun pengelola Kampoeng Wisata Cinangneng menolak dan lebih memilih mengembangkan edukasi-edukasi dan memberdayakan masyarakat setempat untuk ditonjolkan.

Cecep juga menekankan,infrastruktur, sarana dan prasana sudah ditunjang oleh Pemda Bogor. “Ada peningkatan jalan dari beberapa tahun lalu.tadinya tidak bagus, sekarang sudah memenuhi standar,”tuturnya.

Pada kesempatan terpisah, Bedi Mulyawan, sebagai Pengamat Pariwisata dan Ketua Program Keahlian  Ekowisata IPB pun ikut berkomentar mengenai salah satu tempat wisata ini, dirinya menjelaskan, Kampoeng Wisata Cinangneng ini bagus, karena wisata yang satu ini tidak hanya memanfaatkan wisata alam, akan tetapi juga memanfaatkan budaya dan sumber daya manusia yang ada, Selasa (28/2).

“Tempat wisata di Kabupaten Bogor sejauh ini sudah mulai berkembang, tetapi masih ada tempat yang perlu diperhatikan seperti infrastrukturnya,” tambahnya. Kampoeng wisata yang dikelola oleh Hester Basoeki ini sudah berjalan sejak 17 tahun yang lalu. Berawal dari tidak ada apa-apa dan sama sekali tidak dikenal.

“Terdapat beberapa unsur menarik di kampoeng Wisata Cinangneng ini, yaitu adanya unsur keterlibatan penduduk sekitar dengan aktivitas yang kami tawarkan kepada pengunjung, yaitu aktivitas pedesaan,” ungkap Hester, saat ditemui di Kampoeng Wisata Cinangneng.

Siti fauziah salah satu pengunjung yang ditemui di Kampoeng Wisata Cinangneng mengaku senang, karena tempat wisata ini berbeda  dengan tempat wisata alam yang lainnya.

“Senang, tempatnya sejuk, aku paling senang mandiin kerbau kak” ucap pengunjung salah satu siswa SMP Islam Baidhayul Ahkam, Siti fauziah, Kamis, (23/2).

Tidak hanya siswanya saja yang mengaku senang, akan tetapi guru-gurunya juga. “bagus, terutama untuk anak-anak sekolah. kegiatannya juga sangat terorganisir, berpengaruh juga pada satu mata pelajaran di sekolah, yaitu SBK.”urai Kartika,salah satu guru SMP Baidhayul Ahkam.(Mahasiswi Magang/PP/Eyv)