Unit Pelayanan Informasi Adovakasi dan Keluhan Kota Pariaman Dilaunching

:


Oleh MC Kota Pariaman, Kamis, 23 Februari 2017 | 10:16 WIB - Redaktur: Tobari - 256


Pariaman, InfoPublik - Wakil Walikota Pariaman Genius Umar melaunching Unit Pelayanan Informasi, Adovakasi dan Keluhan (UPIAK) Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (22/2).

UPIAK Kota Pariaman ini akan menjadi solusi penyampaian keluhan dan tanggapan dari masyarakat terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan pembangunan, dan keadaan di lapangan yang sebenarnya di masyarakat, oleh masyarakat itu sendiri.

"Hal ini akan membuat masyarakat proaktif dalam memberikan masukan dan menyampaikan permasalahan di lapangan, yang langsung akan dijawab oleh SOPD yang sesuai dengan persoalan yang dihadapi, sehingga akan tampak Quick Respon yang diberikan oleh Pemkot Pariaman melalui UPIAK ini," katanya.

Kepada SOPD ditekankan agar betul-betul dapat menjawab setiap keluhan dan data yang diminta oleh masyarakat yang haus akan keterbukaan publik saat ini, serta dapat dengan bergerak cepat, baik secara jawaban langsung, bahkan sampai turun ke lapangan mengecek atas semua masukan dalam UPIAK ini.

Dalam sambutan Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Syamsurizal mengungkapkan Kota Pariaman adalah pioneer dalam hal keterbukaan informasi publik dengan meluncurkan Aplikasi UPIAK ini.

"Diharapkan Pemkot Pariaman siap dengan masukan yang akan dilaporkan oleh masyarakat, dan dapat segera meresponnya (Quick Respon), sehingga masyarakat puas dengan jawaban yang akan mereka pinta," katanya.

UPIAK ini lahir ketika wawako membawa rombongan wartawan yang bertugas di pemkot Pariaman studi banding ke Yogyakarta, dan langsung kita respon dengan membuat Aplikasi pelayanan masyarakat ini, kata Kadis Kominfo Kota Pariaman Yalfiendri dalam laporannya.

"Dengan adanya UPIAK ini, kami berharap dapat semakin meningkatkan transparansi Pemkot Pariaman dalam hal keterbukaan informasi publik, sesuai yang dituntut oleh UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik," ucapnya.

Hadir juga Direktur Padang Expres Sukri Umar dan Ketua PWI Pariaman Ikhlas Bakri, Asisten, Staf Ahli, Kepala SOPD, Kabag, Camat, Lurah dan Kepala Desa serta para peserta Tim Kontributor Informasi Publik (TKIP) dari masing-masing SOPD. (MC Pariaman/J/toeb)