BNNK Dorong Penguatan Rehabilitasi Medis Di Puskesmas

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 7 Februari 2017 | 19:49 WIB - Redaktur: Tobari - 597


Bone Bolango, InfoPublik - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango bersama BNNP Gorontalo menyelenggarkan bimbingan teknis (Bimtek) dan koordinasi dalam rangka penguatan lembaga rehabilitasi institusi pemerintah. 

Bimtek tersebut dilaksanakan di dua Puskesmas yang menjadi sasaran yakni Puskesmas Suwawa dan Puskesmas Kabila.

Kepala Seksi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNNP Gorontalo Budi Kurniawan Kiayi didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Bone Bolango Devi Aryani Kum, menjelaskan penguatan rehabilitasi di tiap Puskesmas ini sangat penting untuk diprogramkan sebab sejalan dengan Undang-Undang.

”Tugas rehabilitasi, bukan saja menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan, tapi juga tanggung jawab bersama BNN, BNNP dan BNNK,” jelasnya.

Menurutnya, pihak BNNP maupun BNNK akan memberi penguatan rehabilitasi untuk petugas yang ada di Puskesmas, baik untuk perawat dan dokternya. Paling banyak pelatihan yakni sebulan selama tiga kali pelatihan.

Budi menambahkan, layanan rehabilitasi yang ada di Provinsi Gorontalo sudah sebanyak 9 layanan rehabilitasi baik yang rawat inap maupun rawat jalan. 

Karena itu, BNNP maupun BNNK berharap Puskesmas Suwawa dapat menyiapkan sarana pelayanan berupa ruangan konseling sebagai tempat merehabilitasi pasien penyalahgunaan narkotika.

“Sosialisasikan saja ke masyarakat bahwa Puskesmas Suwawa sudah menjadi rekomendasi layanan rujukan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba,"ujarnya.

Sementara itu, untuk kunjungan ke Puskesmas Kabila, Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Bone Bolango Devi Aryani Kum menjelaskan mengenai alur pelayanan pasien yang akan direhabilitasi.

“Untuk alur pelayanan pasien rehabilitasi medis yang berkunjung di Puskesmas, itu sudah ada anggarannya dari BNN. Jadi kita tinggal merealisasikannya dan bekerja bersama dengan para petugas medis yang ada di puskesmas," kata Devi di hadapan Kepala Puskesmas dan dokter Puskesmas Kabila.

Ditambahkannya, bagi lembaga layanan rehabilitasi instansi pemerintah yang telah mendapatkan Bimtek di lingkungan Puskesmas yang ada di Bone Bolango, itu akan dijadikan percontohan ke Puskesmas lainnya sebagai rujukan rehabilitasi penyalahguna narkoba,"katanya. (MC. Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)