Terombang Ambing Kehabisan Bahan Bakar, KM Mutiara Sentosa I Dievakuasi

:


Oleh Dian Thenniarti, Sabtu, 4 Februari 2017 | 11:04 WIB - Redaktur: Elvira - 642


Jakarta, InfoPublik - KM Mutiara Sentosa I dengan rute Balikpapan - Surabaya terombang - ambing kehabisan bahan bakar di perairan sekitar kepulauan Madura, Jawa Timur pada Jumat (3/2) sejak pukul 01.00 WIB akibat cuaca buruk dan gelombang laut tinggi.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM mengatakan, lokasi KM. Mutiara Sentosa I yang terombang ambing berada pada posisi 06.46.39 LS, 112.54.31 BT. Seluruh penumpang dan ABK dipastikan selamat.

"Pukul14.00 WIB Kapal MT. Arfa Ocean dari Pelabuhan Tanjung Perak telah berangkat dan membawa persediaan 40 Ton Bahan Bakar dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah mengerahkan Kapal Patroli KPLP milik Syahbandar Tanjung Perak untuk membantu evakuasi. Kapal Patroli KPLP dan MT. Arfa Ocean juga membawa perbekalan makanan dan minuman untuk para penumpang kapal, mengingat KM. Mutiara Ocean telah kehabisan makanan akibat selama kurang lebih 18 jam terombang ambing di laut," ujar Tonny, Jumat (3/2) malam.

Selain itu menurut Tonny, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak juga menyiapkan tenaga medis dan ambulan yang berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan karena menurut laporan dari Nakhoda Kapal bahwa para penumpang kapal mengalami lemas akibat kehabisan makanan dan minuman serta ada 8 orang penumpang dewasa dan 2 orang penumpang anak-anak yang sedang sakit.

Kapal KM Mutiara Santosa I milik PT. Atosim Lampung Pelayaran membawa kurang lebih 180 orang penumpang direncanakan akan berlabuh di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak.