Wakil Walikota Bandung Buka Diklat Perkoperasian

:


Oleh MC Kota Bandung, Kamis, 26 Januari 2017 | 19:22 WIB - Redaktur: Tobari - 363


Bandung, InfoPublik - Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial membuka kegiatan Diklat Perkoperasian bagi anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Bandung di Gd. Dekopinda Kota Bandung, Rabu (25/1). 

Dalam arahannya Oded menyampaikan, saat ini peran koperasi di Indonesia mengalami peningkatan yang baik, meliputi SDM, program yang dilaksanakan maupun pencapaian yang sudah didapat. "Oleh karena itu kata kunci yang harus dipegang dalam koperasi yaitu membangun sebuah kebersamaan," katanya.

Menurutnya dalam sebuah koperasi ataupun organisasi lain harus mampu mengembangkan kebersamaan. Terlebih lagi koperasi mempunyai semangat gotong royong yang tidak kalah dengan organisasi lain.

"Saya yakin koperasi mampu mengembangkan kebersamaan, bahkan dengan jumlah anggota yang banyak ini koperasi mempuyai aset yang bernilai tinggi," tuturnya. 

Maksudnya, aset yang bernilai tinggi yaitu anggota koperasi yang saat ini sekitar 2500 orang. Dengan anggota yang banyak maksud dan tujuan koperasi pasti tercapai dengan baik. 

"Nah sekarang kita sebagai pemimpin tinggal memberikan tanggung jawab dan progres yang akan dicapai. Sebagai pengurus harus mampu memberikan energi positif yang melahirkan organisssi bermartabat.

Oded menyampaikan dalam ayat suci Al Qur’an surat Al Imron ayat 159. "Dalam surat ini dijelaskan sebagai pemimpin harus memiliki semangat yang luar biasa. Diawali dengan anggota yang berkualitas," ujarnya. Selain itu Oded menyampaikan sebagai pemimpin harus memiliki sikap lemah lembut.

Seorang pemimpin dimanapun tempatnya harus bersikap lemah lembut kepada anggota yang dibimbingnya. Insya allah jika bapak dan ibu sebagai pemimpin yang memiliki sikap lemah lembut, maka komunikasi antar pemimpin dan anggotanya terjalin santun.

Ketua Dekopin Kota Bandung Usep Sumarno menyampaikan, koperasi dididirikan untuk kesejahteraan anggotanya. Oleh karena itu koperasi terus memberikan kontribusi yang baik agar para anggota mendapatkan fasilitas dan hak yang sesuai didapatnya.

Menurut Usep, halalnya Koperasi karena kesepakatan bersama dalam hal kebaikan. Begitu hebatnya koperasi didirikan karena kesepakatan agar seluruh anggota diberikan faisilitas yang memadai. Selain itu kita bersama sama terus berkembang dengan menghasilkan koperasi yang sejahtera,

Ia berharap kegiatan Diklat bisa terlaksana dengan baik.  "Dengan jumlah peserta sekitar 100 orang ini, diharapkan mengenai materi maupun praktek yang diterapkan mudah-mudahan bisa dilakukan oleh para peserta yang hadir saat ini," katanya. (MC Bandung/toeb)