Kiai Taufiq: Manusia Numpang Kemulian Rasulullah SAW

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 5 Januari 2017 | 18:58 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sumenep, InfoPublik -  Kehadiran Rasulullah SAW di alam semesta ini merupakan rahmat Allah SWT yang terbesar, karena dari Nur Muhammad semua unsur alam beserta isinya ini diciptakan-Nya. Lebih dari itu, dengan kemuliaan (karomah) Nabi Muhammad SAW, semua manusia yang beriman diselamatkan dunia-akhirat.

“Secara sederhananya, kita ini pada hakikatnya numpang pada kemuliaan Rasulullah SAW,” kata KHR Taufiqurrahman Syakur dalam sebuah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kelurahan Bangselok, belum lama ini.

Kiai Taufiq, panggilan akrabnya, menyitir sebuah hadits shahih yang diriwayatkan Bazzar. Dalam hadits tersebut, Rasul SAW bersabda yang kurang lebihnya maknanya, kehadiran Rasulullah itu mengucurkan rahmat baik di masa hidupnya maupun setelah wafat.

“Kata Rasul, di masa hidupku semua permasalahan itu selesai. Karena begitu kaum muslimin memiliki masalah langsung dihadapkan pada Nabi, dan solusinya selalu ada. Wafatnya Nabi juga rahmat, kenapa? Dalam hadits itu disebut Nabi bersabda, Aku menyaksikan langsung apa yang dikerjakan umatku,” katanya.

Sehingga siapa pun di antara umatku yang melakukan kebaikan, katanya, maka aku yang pertama memujinya di hadapan  Allah SWT. Dan siapa saja yang melakukan keburukan, maka aku yang pertama kali memohonkan ampunan baginya kepada Allah SWT.

Oleh karenanya, agama, seperti yang dilanjutkan Kiai Taufiq sangat menganjurkan umat Islam senantiasa bershalawat pada Rasulullah SAW. Bahkan dalam shalat, tidak sah jika tidak mengucap shalawat. “Mari kita biasakan mengucap shalawat kepada Rasulullah SAW di setiap kesempatan,” tambahnya. ( M. Farhan/Fer/toeb)