Hari Ibu, Bupati Banjar Minta Akhri Kekerasan Perempuan Dan Anak

:


Oleh MC Banjar, Selasa, 27 Desember 2016 | 10:00 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 305


Martapura, InfoPublik - Bupati Banjar, H Khalilurrahman hadir di tengah kerumunan para ibu dari beberapa organisasi wanita di Kabupaten Banjar, dalam acara Peringatan Hari Ibu Ke-88 yang digelar di Mahligai Sultan Adam,Martapura, Rabu (21/12).

Dalam kata sambutannya, dia mengakui peran ibu sangat penting dalam upaya menyejahterakan masyarakat. Hari Ibu harus dimaknai oleh para ibu sebagai momentum untuk berperan dalam pembangunan di Kabupaten Banjar.

"Semoga Peringatan Hari Ibu dapat mendorong kaum perempuan untuk dapat lebih berkarya lagi bagi keluarga, bangsa dan negara serta mampu berperan dalam membangun Kabupaten Banjar ini ,"ujarnya.

H. Khalilurrahman juga mengulas tiga pilar yang menjadi fokus terkait perempuan. Ketiganya adalah akhiri kekerasan perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri ketidakadilan akses pada sumber daya ekonomi bagi perempuan.

"Masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk melindungi, melayani dan meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan," tegasnya.Peringatan Hari Ibu tahun 2016 ini pada dasarnya memiliki pesan bahwa peran perempuan dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara menuju pembangunan nasional perlu ditingkatkan kembali.

"Kesetaraan tersebut harus tercermin dalam partisipasi perempuan mengisi pembangunan di berbagai bidang. Kaum perempuan harus ikut terlibat berperan secara nyata dalam sebuah proses pembangunan," katanya.

Kemudian, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah menambahkan, banyak potensi, bakat, kemampuan, keterampilan, semangat dan idealisme dari kaum perempuan yang hendaknya diarahkan untuk mencapai kemajuan bangsa.

Pada acara yang bertemakan yang mengambil tema "Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang".

Selain itu, katanya, juga diumumkan pemenang lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar dalam meramaikan peringatan Hari Ibu yaitu Lomba Merias Meja, Pemotongan Tumpeng, dan Lomba Fashion Showroom berbahan air guci.(Hum/Tohal/Risna/Fatimah/ Nelly/Farida/Mcbanjar/zay/eyv)