Kecamatan Tanjungpinang Barat Launching Pelayanan Berbasis Android

:


Oleh Humas Kota Tanjung Pinang, Jumat, 16 Desember 2016 | 21:36 WIB - Redaktur: Tobari - 236


Tanjungpinang, InfoPublik – Kecamatan Tanjungpinang Barat melakukan inovasi dalam sistem pelayanan, yaitu Pelayanan Aplikasi Kecamatan Cepat, Aman, Modern, Akuntable dan Transparat atau yang disingkat "Pak Camat", dalam rangka meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Aplikasi berbasis android tersebut, diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi maupun penyaluran aspirasi.

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, memberi apresiasi kepada Camat Tanjungpinang Barat yang telah melakukan inovasi dalam sistem pelayanan.

"Ini bisa menjadi percontohan kepada Camat dan Lurah lainnya. Sistem ini perlu dikembangkan dan terkoneksi, sehingga pelayanan dapat diberikan dengan mudah kepada masyarakat,” kata Walilota pada acara Launching Aplikasi Berbasis Android "Pak Camat" dan peresmian panggung rakyat, Jum'at (16/12).

Lis menerangkan, inovasi teknologi bukanlah hal yang baru, dan ini merupakan tuntutan zaman diera teknologi yang semakin cangih, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mampu mengikutinya, jadi RT/RW harus bisa memanfaatkan teknologi itu, untuk mempermudah pelayanan kepada warganya.

Ke depan, sistem pelayanan puskesmas akan mengunakan aplikasi eletronik, terobosan ini kita lakukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. “Masyarakat tinggal mendownload aplikasi untuk melakukan register, kemudian bapak/ibu akan mendapat nomor antrian dan disarankan kapan waktunya untuk datang ke puskesmas, jadi tidak perlu antri lagi,” kata Lis

Selain itu, sistem ini untuk menghindari pungli, kecuali pelayanan tatap muka yang benar-benar urgent, sekaligus menghindari ramainya antrian di puskesmas, sehingga pelayanan yang kita berikan dapat berjalan baik serta memberi kepuasan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, mulailah belajar, kita harus bisa menghadapi masa dengan inovasi-inovasi baru. Ini akan memberikan kemudahan dan manfaat bagi kita, kalau sudah terkoneksi laporan tindak kejahatan pun bisa diketahui oleh pihak kepolisian.

Sebelumnya, Camat Tanjungpinang Barat Boby Wira Satria, S.STP, M.Si, menjelaskan program aplikasi berbasis android untuk tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat adalah yang pertama di Indonesia.

“Hal ini berawal dari cita-cita kami, bagaimana memberi kemudahan payanan seperti pemesanan tiket online, disamping itu, program ini salah satu penjabaran visi misi pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat," jelasnya.

Boby menyebutkan, aplikasi Pak Camat ini akan terkoneksi dengan petugas payanan Kecamatan, apabila bapak/ibu akan melakukan kepengurusan administrasi, bapak/ibu tinggal mengisi formulir di sitem tersebut, dan data bapak/ibu langsung tersimpan di data base kami, sehingga ada kepengurusan lainnya, tidak perlu mencatat berulang-ulang dan tidak harus mondar-mandir lagi.

Disamping kepengurusan administrasi, aplikasi ini memberi pelayanan pengaduan, misalnya ada kejadian bencana alam maupun laporan lainnya, dan bisa langsung dieksekusi. “Apabila bapak/ibu belum memahami aplikasi ini atau ada masalah dalam mendownload, bisa langsung ke palayanan kami, kita akan membantu bapak/ibu," katanya

Berkaitan dengan telah tersedianya panggung rakyat di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Boby mengungkapkan bahwa panggung rakyat itu merupakam sarana terbuka umum bagi masyarakat, bapak/ibu bisa memanfaatkannya untuk tempat berolahraga ataupun aktivitas lainnya.

Acara turut dihadiri Anggota DPRD Ade Angga, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Robert Pasaribu, para Lurah, serta RT dan RW.(key/toeb)