Masyarakat Bisa Berpartisipasi Meningkatkan Pelayanan Publik

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Kamis, 8 Desember 2016 | 14:57 WIB - Redaktur: Tobari - 364


Bengkulu Info,Publik - Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon membuka Workshop Aplikasi Online Lapor Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) bagi pejabat penghubung satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Ruang Rapat Gedung Gunung Bungkuk Kantor Walikota Bengkulu, Kamis (8/12).

Marjon mengatakan, tujuan Lapor SP4N adalah cara untuk mempermudah meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, penyelenggara dapat mengelola pengaduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, terkoordinasi.

 "Dulu ketika masih zaman manual, jika masyarakat mau mengadu, mengeritik atau memberi saran pembangunan dengan mengirim surat, itu membutuhkan waktu yang cukup lama,  Namun sekarang zaman sudah canggih, cukup dengan mengirim SMS online,” kata Marjon.

Penyelenggara Lapor SP4N memberikan akses untuk partisipasi masyarakat meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menerima kritikan, saran, atau pengaduan.

 "Dengan ketentuan,  jika 3 hari masuk laporan maka atasan wajib untuk memberi Disposisi terhadap bawahannya untuk ditindaklanjuti, dan ketika sudah 5 hari masuk laporan tidak ditindaklanjuti oleh bawahan, maka secara otomatis akan masuk ke Ombudsman," jelas Marjon. (MC Kota Bengkulu/ernel/toeb)