Penyerapan APBD 2016 Merauke Capai 70 Persen

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Jumat, 2 Desember 2016 | 08:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 321


Merauke, InfoPublik  - Penyerapan terhadap dana APBD tahun 2016 Kabupaten Merauke terus dilakukan dan meski sempat terseok pada awal hingga pertengahan tahun. Namun hingga akhir November penyerapan akhirnya bisa mencapai 70 persen atau sebesar 1,5 miliar Rupiah.

Kepala BPKAD Merauke Ruslan Ramli, SE. M.Si mengatakan, pemantauan terus dilakukan terutama pada pos DAK, dimana secara kumulatif ia mengakui terjadi progres yang signifikan. Terkait dengan sisa 30 persen, ia mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasaan pihak ketiga baru akan memasukkan penagihan pada akhir tahun jadi ia optimis penyerapan akan maksimal pada waktu yang ditentukan.

Sementara itu, soal pertanggungjawaban yang sifatnya ganti uang atau tambah uang pada dasarnya sudah berjalan namun pihaknya selalu melakukan kontrol dimana semua pihak harus memasukkan SPJ terlebih dahulu.

Hal ini bukan untuk mengerem daya serap namun mengajari semua SKPD sekaligus menegaskan bahwa pertanggungjawaban sangat penting untuk mempertahankan opini BPK wajar tanpa pengecualian.

Di sisi lain ia juga menepis seringnya pejabat keluar daerah khususnya pada akhir tahun adalah untuk menghabiskan anggaran. (Irw/McMrk/Abd/Eyv)