Plt Bupati Rohul Tandatangani Prasasti Penanaman 1 Miliar Pohon

:


Oleh Prov. Riau, Rabu, 30 November 2016 | 11:12 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 400


Rohul, InfoPublik  - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sukiman, Selasa (29/11) siang menandatangani prasasti penanaman gerakan 1 miliar pohon di Desa Dayo, Kecamatan Tandun sebagai tindak lanjut program pemerintah pusat.

Bertempat di Halaman KUD Dayo Mukti, hadir juga Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rohul Ir H Sri Hardono, Upika Tandun, segenap perwakilan perusahaan, segenap kepala desa di Kecamatan Tandun serta puluhan masyarakat Desa Dayo.

Dalam arahannya Plt Bupati Rohul H Sukiman meminta kesadaran dari masyarakat, khususnya di Desa Dayo agar mendukung gerakan 1 milyar batang pohon yang merupakan program Pemerintah Pusat tersebut.

Kemudian, kata Sukiman penanaman 1 miliar batang pohon tersebut bertujuan untuk melestarikan lingkungan. Jika lingkungan terdapat banyak pepohonan, udara di lingkungan juga bersih dan sehat.

Dalam pada itu, Lanjut Plt H Sukiman jika masyarakat mempunyai kesadaran untuk menjaga, merawat pohon-pohon tersebut, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Karena pohon yang ditanam ini berupa buah-buahan. Jika berhasil masyarakat juga dapat menuai hasilnya," jelas H Sukiman.

Sementara Kadishutbun Rohul Ir Sri Hardono kepada wartawan di akhir acara menambahkan, program 1 milyar batang pohon tersebut bertujuan untuk menjaga dampak abrasi di kanan kiri sungai.

"Untuk Desa Dayo ini, bibit yang disediakan sebanyak 3.000 batang pohon buah-buahan, seperti Durian, Matoa dan Mangga," kata Sri.

Kemudian sambung Sri lagi, pohon buahan tersebut ditanam di kanan kiri Sungai Bungo Desa Dayo. "Mudah-mudahan program ini dapat memperbaiki lingkungan dan mendongkram perekonomian masyarakat," harapnya.

Camat Tandun Tengku Habrizal meminta, kepada masyarakat Desa Dayo agar dapat menjaga pohon yang sudah ditanam. Karena kalau tidak ada perhatian dari masyarakat setempat untuk merawatnya, pohon-pohon tersebut tidak akan berkembang. (MC Riau/j/eyv)