Karnaval Batik Nusantara Di Kota Bengkulu

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Senin, 21 November 2016 | 13:44 WIB - Redaktur: Tobari - 897


Bengkulu, InfoPublik - Memasuki tahun ke-3 Karnaval Batik Besurek sekaligus Karnaval Batik Nusantara pertama, berlangsung semarak di Kota Bengkulu, Jum’at (18/11/).

Perhelatan Karnaval Batik Nusantara di Kota Bengkulu diikuti  oleh seluruh lapisan, mulai dari kalangan pelajar, SKPD dari berbagai daerah dan masyarakat umum. Kemeriahan itu terlihat dari ribu manusia tumpah ruah dari Simpang Lima Jalan Soeprapto hingga Lapangan Merdeka View Tower Kota Bengkulu.

Karnaval Batik Nusantara ini merupakan gagasan dari Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan. Menariknya, pada hari pelaksanaan Karnaval Batik Besurek, mulai dari pelajar, seluruh SKPD, masyarakat, karyawan swasta di Kota Bengkulu, dan sopir Angkutan Kota terlihat menggunakan batik besurek.

Peserta Karnaval Batik Nasional dilepas langsung oleh Ketua DPD RI Mohammad Saleh, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan penggagas kegiatan ini, Walikota Helmi Hasan.

Helmi Hasan mengatakan, karnaval ini ia gagas untuk membangkitkan industri kreatif di Bengkulu, khususnya kain Batik Besurek.

“Dengan bangkitnya industri kreatif di Bengkulu, perekonomian kita maju, rakyat sejahtera dan kita bisa berbangga dengan maha karya leluhur kita,” ungkapnya.

Sementara itu ketua DPD RI Mohammad Saleh mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini. DPD RI bahkan mendatangkan sejumlah anggotanya untuk menyaksikan langsung karnaval ini.

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti memberikan apresiasi besar atas perhelatan karnaval ini. Ia berharap sejumlah daerah menggagas perhelatan akbar layaknya Karnaval Batik Nasional ini.

Dalam perhelatan itu, tampak hadir Walikota Pekalongan dan sejumlah kepala daerah dan perwakilannya se Indonesia. Festival ini menampilkan beragam kreasi hiasan, busana tertampil. (MC Kota Bengkulu/ernel/toeb)