Jambore PKK, Program Pengembangan Keluarga Sejahtera

:


Oleh Humas Kota Tanjung Pinang, Minggu, 20 November 2016 | 10:41 WIB - Redaktur: Kusnadi - 481


Tanjung Pinang, InfoPublik - Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Jambore PKK Tanjungpinang Ke-3 Tahun 2016. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah SH, di Halaman Kantor PKK, Gedung Wanita Tun Fatimah Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah SH, mengatakan, program PKK merupakan program pemerintah dan satu kesatuan sebagai mitra kerja dan ujung tombak dalam pembangunan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

PKK sebagai organisasi yang berhubungnlangsung dengan keluarga, sehingga peran PKK harus dapat dirasakan oleh masyarakat khusus para ibu-ibu," program-program PKK diharapkan mampu mengatasi masalah masyarakat, terkhususnya masalah lingkungan di sekitar keluarga ",ujar Lis.

Lanjut Lis, kebersihan lingkungan dan pembuangan sampah merupakan suatu hal yang kecil tapi memiliki arti dalam aspek kehidupan.

" Dengan adanya jambore PKK ini, dapat melahirkan program-program, hasil kreatifitas yang dapat dikembangkan melalui dinas terkait seperti Dinas Perdangangan, Koperasi ,sehingga hasil karya kearifan lokal dapat berkembang." Tutur Lis

" Semoga kegiatan ini memiliki implementasi untuk perkembangan dan pembangunan masyarakat Kota Tanjungpinang dan bermanfaat," Tutup Lis

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang Hj Yuniarni Pustoko Weni SH juga menyampaikan, jambore merupakan kegiatan nasional, untuk peran aktif relawan PKK peningkatan kesejahteraan dalam program pembangunan keluarga dan masyarakat, dan ujung tombak suatu daerah.

“Tujuan dari jambore ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader dalam penggerakan PKK, memberikan penghargaan kepada para kader PKK atas prestasinya terhadap gerakan PKK, meningkatkan motivasi dan kinerja kader dalam mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera, sesuai dengan tema jambore tahun 2016 ini peningkatan dan peran serta kader PKK dan kesetaraan gender dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Weni.

Dalam hal ini, Ketua TP-PKK Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH berharap, selain dapat memupuk rasa kebersamaan, juga dapat melahirkan perempuan-perempuan yang berkompetensi dalam pembangunan sosial keluarga yang sejahtera.

Acara Jombore ini dimulai dengan upacara yang diikuti oleh 260kader PKK se Kota Tanjungpinang yang berasal dari Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Pada pembukaan Jambore ke 3 ini hadir juga Walikota Tanjungpinang, Ketua DPRD, Ketua TP-PKK Tanjungpinang, Kepala FKPD dan SKPD, Sekda, Ketua GOW Tanjungpinang, Sekretaris PKK kepri, Kepala BUMD dan Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

Adapun tema dalam Jambore PKK Ke 3 ini adalah "Peningkatan dan Peran Serta Kader PKK dan Kesetaraan Gender dalam Peningkatan Kesejahteraan Keluarga.

Acara Jambore PKK ini juga menghadirkan perlombaan kreasi antara lain lomba shalawat, lomba pentas seni, lomba BKB holistik, lomba membuat topi berbahan daur ulang, lomba membuat cemilan dari buah, dan lomba hafalan sepuluh program pokok PKK . Acara Jambore PKK ini berlangsung selama 2 hari dan penutupan dilaksanakan pada Sabtu, (19/11) malam.(ais/key/Kus)