Pejabat Pemkab Serang Minum Jamu Bersama

:


Oleh Prov. Banten, Selasa, 15 November 2016 | 15:31 WIB - Redaktur: Tobari - 468


Serang, InfoPublik - Pemkab Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52, di halaman gedung Dinkes Kabupaten Serang, Senin (

Dalam acara yang mengambil tema ‘Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat’ ini, sejumlah pejabat Pemkab Serang minum jamu bersama. Gerakan minum jamu ini salah satu upaya untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat tentang pengobatan tradisional sebagai warisan leluhur.

Jamu berlabel ‘Jamu Ina” ini merupakan bagian dari program pengobatan tradisional di Puskesmas Baros. Jamu ini merupakan inovasi kader kesehatan Kecamatan Baros yang tergabung dalam Riung Herbal. Para kader ini menanam tumbuhan untuk pengobatan dan mengolahnya menjadi jamu.

“Kita mendorong untuk mendapatkan cara sehat dan murah bagi masyarakat ada di lingkungan sekitar. Tanaman di sekitar rumah seperti kunyit atau jahe bisa dimanfaatkan sebagai jamu yang bermanfaat bagi kesehatan,” ujar Ina Nurul Ainayah, program pengobatan tradisional Puskesmas Baros, Senin (14/11).

Kepala Dinkes Kabupaten Serang Sri Nurhayati mengatakan, perlu peran aktif semua pihak untuk mendorong gerakan masyarakat sehat. “Kegiatan ini diisi dengan minum jamu bersama. Jamu ini merupakan inovasi dari Puskesmas Kecamatan Baros,” ujarnya.

Bupati Serang Tatu Chasanah menyatakan tentang pentingnya peran masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. “Kesehatan itu dimulai dari pola hidup sehat masyarakat,” ujarnya. (MC Banten/toeb)