Bupati Meranti Hadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia

:


Oleh dishubkominfo kab meranti, Selasa, 15 November 2016 | 08:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 526


Selatpanjang, InfoPublik - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si kembali menghadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, kali ini kegiatan dalam rangka membiasakan masyarakat untuk hidup sehat agar terbebas dari penyakit itu dipusatkan di Desa Alai, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Senin, (14/11).

Turut hadir dalam acara itu Anggota DPRD Meranti Fauzy SE, Edi Masyudi, Kepala Badan BPMPD Drs. Ikhwani, Kadistamben Meranti H. Herman, Sekretaris Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Pariwisata H. Ismail, Kabag Humas Meranti Helfandi SE M.Si, Kabag Umum, Camat Merbau, Ketua TP PKK Kabupaten Meranti serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya dalam acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia, yang sebelumnya juga digelar di Kecamatan Tebing Tinggi, Bupati Kabupaten Meranti Drs. H. Irwan, M.Si menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan positif tersebut, menurut Irwan, meski kegiatan itu terkesan sederhana namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap kehidupan dan rumah tangga masyarakat.

“Hidup bersih dengan mengawali cuci tangan pakai sabun akan akan menjaga kita dari berbagai penyakit, mari kita budayakan prilaku ini jangan hanya di acara ini saja tapi terus kita terapkan mulai dari keluarga, tetangga dan masyarakat secara luas,” ajaknya.

Bupati juga meminta kepada Camat untuk terus mensosialisasikan gerakan cuci tangan pakai sabun ini hingga kedesa-desa dengan melibatkan Kades dan Tim Penggerak PKK, seain itu juga menghimbau Kepala Sekolah dan guru untuk senantiasa menggaungkan kepada anak didiknya untuk melakukan cuci tangan pakai sabun.

Sempena kegiatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana dr. Lyta yang juga Ka. Puskesmas Alai menjelaskan, kegiatan ini difokuskan pada anak sekolah dengan menghadirkan 1000 orang anak yang berasal dari sekolah-sekolah di Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini merupakan tahun ke-7 digelar diseluruh dunia. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan itu dapat merubah sikap dan prilaku masyarakat khususnya anak usia dini untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

“Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih mengerti akan pentingnya hidup sehat, semoga dengan prilaku hidup sehat sejak dari anak-anak dapat membebaskan masyarakat dari berbagai penyakit,” ujar Lyta.

Lebih jauh dijelaskan Lyta, kegiatan itu terlaksana atas gagasan Dinas Kesehatan dan didukungan Camat Tebing Tinggi Barat dan Tim Penggerak PKK serta bantuan sari pihak Perbankan Bank Riau Kepri, BSM, BRI serta Koperasi Harmonis dan pengusaha Sagu lainnya.

Sementata Camat Tebing Tinggi Barat, Rizki Hidayat, mengatakan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini jangan hanya sekedar seremonial belaka tetapi benar-benar dapat diaplikasikan segenap masyarakat Meranti khususnya masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

“Mari kita lakukan cuci tangan pakai sabun saat mau makan, selesai bermain dan beraktifitas menggunakan tangan, semoga dengan prilaku hidup bersih dan sehat semua dapat terjaga dari bahaya penyakit,” ujar Rizki. (MC Meranti /arf/ip/eyv)