TP PKK Sergai Gelar Pelatihan Simulasi Pola Asuh Anak Dalam Keluarga (PA2K)

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Selasa, 8 November 2016 | 14:53 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 969


Serdang Bedagai, InfoPublik - Anak sebagai masa depan keluarga dan generasi penerus bangsa perlu dipersiapkan menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Untuk itu, anak perlu mendapatkan pola asuh yang benar untuk mendukung proses tumbuh kembang yang maksimal. Pola asuh yang yang baik menjadikan anak memiliki kepribadian kuat, tekun, tidak mudah putus asa dan tangguh serta bertanggung jawab.

“Khususnya orang tua sebagai salah satu faktor penting dalam mempengaruhi tumbuh kembang anak di samping faktor internal atau kepribadian anak dan faktor lingkungan yang mempengaruhi karakter anak.”  Hal ini dikemukakan Ketua GOPTKI Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Rosmaida Darma Wijaya selaku Ketua GOPTKI Sergai dalam sambutannya, sekaligus membuka secara resmi acara Pelatihan Simulasi Pola Asuh Anak dalam Keluarga (P2AK) di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (8/11).

Lebih lanjut dikatakan Ny. Rosmaida Darma Wijaya bahwa orang tua merupakan lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi serta dimulainya proses pendidikan. Oleh karenanya, diharapkan orang tua sebagai pemegang peran utama dalam proses pembelajaran dan pendidik anak dapat memberikan pola asuh yang benar dalam rangka pembentukan kepribadian anak di lingkungan keluarga.

“Peran para pengurus PKK desa menurutnya sangat penting dalam menerapkan pengetahuan mengenai pola asuh anak yang diperoleh malalui pelatihan ini sekaligus menyebarluaskannya kepada seluruh anggota PKK di desa. Diharapkan dengan demikian para orang tua dapat mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal dan mempersiapkan generasi yang berkualitas di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini di masa yang akan datang” harap Ny. Rosmaida Darma Wijaya.

"Kepada kader PKK khususnya kader Pokja I agar melalui pelatihan P2AK ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsi utamanya dalam memantapkan pola asuh anak dan remaja. Selain itu dapat meningkatkan pemahaman berkaitan dengan pencegagan kekerasan dalam rumah tangga khususnya terhadap anak dan peningkatan pemahaman dan pengamalan prilaku budi pekerti anak,"  Jelas Ny. Rosmaida Darma Wijaya

Narasumber pelatihan ini yang berasal dari pengurus TP PKK Provinsi Sumatera Utara dalam paparannya mengemukakan bahwa dalam periode tumbuh kembang anak, peran pendidikan dalam keluarga sangat penting dan mengisyaratkan kepada kita agar mampu memahami anak sesuai dengan perkembangannya serta sikap saling menghargai dan saling peduli terhadap sesama. (Mc Serdang Bedagai/Febri/eyv)