Jembatan Apung di Kampung Laut akan Segera Dipasang

:


Oleh MC Kabupaten Cilacap, Rabu, 2 November 2016 | 12:33 WIB - Redaktur: Kusnadi - 727


Cilacap, InfoPublik – Pertengahan November  2016 mendatang, Jembatan Apung yang menghubungkan Desa Ujung Alang dan Klaces di Kecamatan Kampung Laut akan segera dibangun. Menurut rencana Jembatan apung akan ditarik dari Pelabuhan Majingklak ke Kecamatan Kampung Laut. Sampai saat ini rancang bangun jembatan tersebut telah terselesaikan sekitar 85 persen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cilacap, Indro Cahyono menjelaskan, pembuatan jembatan apung disesuaikan dengan kondisi geografis di wilayah setempat.

Sebab, berdasarkan kajian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, konstruksi jembatan pancang tidak sesuai dengan karakteristik Kampung Laut. Jembatan ini akan dibangun setinggi lima meter dari permukaan air, sehingga tidak mengganggu aktivitas transportasi masyarakat setempat.

Dijelaskan, meski sekilas terlihat hampir sama dengan jembatan pada umumnya, jembatan apung memiliki perbedaan konstruksi dengan jembatan yang lain. Konstruksi Jembatan umumnya menggunakan pondasi berupa tiang pancang, akan tetapi  jembatan apung menggunakan wahana apung terbuat dari beton khusus.

Wahana apung tersebut dikenal dengan nama ponton. Ponton ini memiliki rongga di dalamnya, sehingga memungkinkan wahana ini terapung dan stabil di permukaan air  yang akan  dijadikan  pijakan  kokoh untuk sarana jembatan. Menurut Indro, konstruksi jembatan apung Kampung Laut menggunakan dua buah ponton berukuran 5 x 3 meter. Ponton tersebut bersifat modular, sehingga dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. (ovi/Kus)