Kabupaten Agam Akan Jadi Penghasil Durian Montong

:


Oleh MC Kab Agam, Sabtu, 29 Oktober 2016 | 10:39 WIB - Redaktur: Tobari - 4K


Agam, InfoPublik - Kabupaten Agam akan menjadi penghasil durian montong ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam, Ir, Yulnasri, MM, Jum’at (28/10), menyusul diserahkannya bantuan 550 batang bibit durian montong untuk Kecamatan Malalak dan Banuhampu.

Durian yang lezat cita rasanya, tinggi harganya, dan banyak diminati warga, termasuk warga Kabupaten Agam. Konon durian itu banyak dijual di swalayan di kota-kota besar. Durian tersebut menurut informasi berasal dari Provinsi Montong di Thailand. 

“Kami memang sedang berupaya mengembangkan beberapa jenis buah-buahan unggul, di antaranya durian montong,” ujar  Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam, Ir, Yulnasri, MM.

Pengembangan durian unggul itu memang tidak besar-besaran, hanya sesuai degan kemampuan daerah. Kebijakan itu sesuai dan selaras dengan Program Agam Menyemai. 

“Kami telah menyerahkan bantuan 550 batang bibit durian montong untuk Kecamatan Malalak dan Banuhampu,” ujarnya. 

Untuk Kecamatan Malalak 300 batang, dan Banuhampu 250 batang. Ia berharap bibit unggul itu benar-benar ditanam dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian akan membuahkan hasil yang manis nantinya. 

Kepada camat, diharapkan menyalurkan bibit durian unggul itu kepada warga yang benar-benar membutuhkan, dan mau menanam dan merawatnya dengan baik.

Yulnasri mengaku bangga dengan warga Agam, karena minat mereka menanam dan memelihara tanaman semakin tinggi. Kini, jumlah perminaan bibit tanaman kian meningkat. Namun, pihaknya akan berupaya memenuhinya dengan segenap kemampuan. 

“Yang meringankan, kini kami memiliki kebun bibit permanen, di samping kebun bibit rakyat. Dengan demikian, persediaan bibit tanaman, terutama jenis kayu-kayuan dan MPTS,” ujarnya pula.(mc agam/toeb)