Kadishutbun Meninjau Pembangunan Dam Pengendali

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 28 Oktober 2016 | 11:39 WIB - Redaktur: Tobari - 765


Agam, InfoPublik - Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam Yulnasri meninjau dam pengendali, yang sudah selesai dikerjakan pada pekan lalu di Kampung Kayu Rambai, Jorong Sungai Landai, Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Senin (24/10). 

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam Yulnasri mengatakan, pembangunan dam pengendali ini guna menunjang kebutuhan air untuk menyiram berbagai komoditas pertanian. 

Diharapkan dam tersebut dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar usaha perkebunan dan  pertanian bisa maju dan berkembang.

“Keberadaan dam pengendali itu merupakan aset berharga, petani mesti cerdas memanfaatkannya dengan menanam komoditas unggul seperti berbagai macam sayur mayur," katanya.

Dengan adanya dam pengendali ini, maka persediaan air yang cukup dan menjadikan tanah disekitarnya menjadi tanah yang lembab. 

Oleh karena itu komoditas yang ditanam mesti jenis tanaman yang subur serta prospek pasarnya cerah dan bernilai ekonomis tinggi. "Proyek dam pengendali dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016 sebesar Rp160 juta," terang Yulnasri.

Saat ini proyek fisik dam pengendali sudah rampung dan mampu menampung air dari pegunungan lereng Gunung Singgalang serta air hujan. Diharapkan nantinya bisa menampung air setinggi dua meter untuk kebutuhan petani guna menyiram perkebunannya.

Yulnasri mengharapkan, dalam waktu dekat ini semua jenis tanaman masyarakat Cingkaring bisa subur. Dengan demikian nantinya nagari Cingkaring akan menjadi sentra produsen bauh-buahan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Wali Nagari Cingkaring Hendri, mengatakan, sebelum dibangun dam pengendali ini, petani hanya bisa menggarap sawah ala kadarnya. Namun kini setelah dam pengendali dibangun, jumlah petani Cingkariang meningkat dan tanaman mereka menjadi subur, sehingga tanahnya pun ikut lembab.

“Kami sangat berterimahkasih kepada Pemkab Agam telah menyalurkan DAK nya kepada Nagari Cingkaring, sehingga dam pengendali ini akan kami jaga dan akan dirawat sebaik munkin guna menyalurkan air ke lahan pertanian masyarakat," katanya.(mc agam/toeb)