Agam, InfoPublik - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudbar) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mulai membuka pendaftaran lomba tambua tansa dalam ajang  "Festival Pesona Danau Maninjau 2016", yang akan digelar di Objek Wisata Muko-Muko Kecamatan Tanjung Raya pada 5 November 2016.

"Secara umum kita mengudang seluruh grup tambua tansa yang berada di 84 nagari se Kabupaten Agam untuk segera berpartisipasi untuk mengikuti lomba tersebut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Selasa (18/10).

Ia menjelaskan, pendaftaran ini dibuka pada pukul 16.00 Wib pada 20 Oktober sampai 4 November 2016. Panitia  juga menyediakan hadiah berupa tropy, sertifikat untuk seluruh grup yang mengikuti lomba dan uang tunai bagi pemenang.

Untuk  juara, dirinci, juara I memperoleh Rp2.000.000, juara II memperoleh Rp1,750.000, dan juara III memperoleh Rp1.250.000. Sementara itu, untuk pemain tansa terbaik mendapatkan Rp500.000.

Sementara untuk ketentuan dan syarat, masing-masing grup terdiri dari 1 orang pemain tansa dan maksimal 10 orang pemain tambua, group tambua tansa membawakan lagu wajib waktu lima menit dan lagu bebas waktu 10 menit.

Lalu, Adab masuk dan keluar dengan durasi masimal 10 menit, diperbolehkan menambah bunyi-bunyian dengan alat lain atau dendang maupun persambahan, tidak dibenarkan pemain bermain dua group langsung dan lainya.

"Kita menginginkan saat mendaftar nanti setiap group dapat melengkapi dengan daftar nama para pemain," katanya.(mc agam/toeb)