Kemenristekdikti dan IFI Gelar Pesta Sain 2016 di TMII

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 19 Oktober 2016 | 21:19 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 939


Jakarta, InfoPublik – Pusat Peragaan Iptek, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Institut Francais Indonesia (IFI) menggelar Pesta Sains 2016 edisi yang ke-3 yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada 18-29 Oktober 2016.

Pesta Sains juga di gelar di delapan kota lainnya, yakni Surabaya, Malang, Jombang, Makasar, Yogyakarta, Bandung, Denpasar dan Medan.

“Kegiatan ini sebenarnya sangat penting, karena dalam rangkaian acara ini juga diadakan seminar-seminar tentang makanan. Dimana seminar ini mendiskusikan tentang pangan agar anak-anak mengerti tentang makanan yang sehat, dan masalah pencemaran di dalam makanan,” kata Direktur Sistem Inovasi, Kemenristekdikti, Ophir Sumule dalam pembukaan acara Pesta Sains 2016 di PP Iptek TMII, Jakarta Timur, Rabu (19/10).

Menurutnya, Pesta Sains 2016 yang mengambil tema “Makanan dan Kita” diselenggarakan di PP Iptek TMII, karena selain apa yang disampaikan pada kegiatan Pesta Sains ini, juga dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan generasi muda Indonesia saat ini tentang pentingnya nutrisi dan keseimbangannya pada makanan yang setiap hari dikonsumsi.

Ia menambahkan, di PP Iptek ini memang banyak dikunjungi anak-anak, karena mereka bisa bermain dan belajar untuk peragaan iptek, maka Pesta Sains 2016 ini anak-anak yang menjadi sasaran, dan disini ini sifatnya ilmiah.

Disebutkan, Pesta Sains 2016 ini menjadi alternatif hiburan edukatif yang dapat merangkul anak-anak, remaja dan keluarga Indonesia untuk bersenang-senang sekaligus belajar.

Rangkaian acara Pesta Sains 2016 ini selain rangkain seminar, juga ada pameran interaktif Bon Appetit (Selamat Makan) persembahan Pusat Budaya Sains Prancis, Cite Nature, pameran Tanaman dan Manusia yang digagas oleh lembaga riset Prancis, CIRAD dan IRD, pemutaran film Demain (Tomorrow) yang menjadi box office dan meraih Cesar Award 2016 sebagai Film Dokumenter terbaik, serta pameran foto Eat IT! Karya seniman Francis, Enora Lalet.

Pameran Selamat Makan menjadi inti dari edisi tahun ini. Berbagai ekperimen, permainan, aktivitas, akan mengajak publik untuk mengungkap misteri makanan, mulai dari pengenalan tentang bermacam-macam kelompok makanan, efeknya bagi tubuh manusia, hingga pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan.

Kemudian, pameran interaktif bon appetit oleh Cite Nature, telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dibuka untuk kelompok pelajar maupun umum. Untuk kelompok pelajar disediakan pemandu. Pameran ini terdiri dari 12 panel bolak-balik, permainan interaktif dan kuis eksperimen.