Kominfo Batam Beri Pemahaman Tangkal Kenakalan Remaja

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 14 Oktober 2016 | 09:42 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 504


Batam, InfoPublik  – Diseminasi Informasi dengan tatap muka kembali dilakukan Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam untuk ke 13 kalinya. Kali ini, Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong menjadi tempat lokasi kegiatan yang dipusatkan di Posyandu RW 19 dengan tema kenakalan remaja dan pencegahanya.

Hadir dalam pembicara pada acara itu dari Binmas Polresta Balerang, Ipda Karel H dan Aiptu Agus Salim. Dalam pemaparanya, Karel menjelaskan, bagaimana peran orang tua, masyarakat dalam mencegah kenakalan remaja.

Banyak persoalan muncul di kota ini, seperti balapan liar, narkoba, tawuran, penodongan, miras dan lain sebagainya sudah dilakukan kalangan remaja yang mayoritas masih berstatus sebagai pelajar.

“Penduduk Batam sekarang ini, sudah ada sekitar 1,3 juta orang. Sementara Polisi sekitar 1.300 orang. Berapa bandingannya ini..?. Kalau tidak dibantu masyarakat luas ini pencegahnya tidak akan sukses,”ujar Karel didepan puluhan kader PKK dan siswa SMA Negeri 8, pada acara tersebut, Kamis (13/10).

Banyak kasus yang menimpa remaja Batam. Baik itu meninggal karena balapan liar, penodongan dan akhirnya di penjara, maupun pengedar narkoba. Bermain game di warnet kelewat batas juga termasuk kegiatan dapat menyebabkan remaja salah pergaulan.

“Kalau sudah main game dibatasi. Main setengah jam atau satu jam sudah. Mau menang atau kalah, ya berhenti. Kita harus tau dengan siapa kita bergaul,”ujarnya.

Kepada orang tua, Karel berpesan untuk memperhatikan anak-anaknya. Terkadang anak terlihat baik dirumah namun kelakuanya diluar mengkhawatirkan. Kasih sayang itu ditunjukkan sehingga anak betah dirumah.

“Kalau pulang sekolah kita harus periksa tasnya. Ajak ngobrol, sehingga anak merasa diperhatikan dan menjadi betah dirumah,”ujarnya.

Kasubid Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Bidang Informasi Publik Kominfo Batam Muhardi menuturkan, agenda ini masuk dalam desiminasi informasi tatap muka. Untuk tahun ini dilakukan sebanyak 15 kali.

“Tema yang diangkat sendiri banyak. Tergantung permintaan dari kelurahan. Baik itu masalah narkoba, HIV/AIDS, kenakalan remaja dan lain sebagainya. Pembicaranya, memang mereka yang fokus dimasalah tersebut,”katanya.

Acara kali ini sangat diapresiasi. Sebab, warga yang hadir sangat antusias mendengarkan penyuluhan tersebut. (MC Batam Taslimahudin/Eyv)