Menhub Perintahkan Segera Operasikan Penerbangan Perintis Di Miangas

:


Oleh Dian Thenniarti, Jumat, 7 Oktober 2016 | 06:08 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan untuk segera mengoperasikan penerbangan perintis di Bandar Udara Miangas, Sulawesi Utara.

Hal tersebut mengemuka usai Menhub berdialog dengan masyarakat saat melakukan kunjungan ke pulau terluar paling utara Indonesia di Miangas dalam rangka peninjauan kondisi bandara yang sudah 90 persen rampung.

"Bandara ini adalah bukti bahwa komitmen Pemerintah kuat untuk menjadikan Miangas sebagai bagian tak terpisahkan dengan NKRI," ujar Menhub Budi yang ikut didampingi Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw. 

Lebih lanjut Menhub Budi mengatakan, bandara yang sudah jadi harus beroperasi secepatnya sehingga konektivitas bisa tercipta untuk membantu perekonomian dan kesejahteraan rakyat di Miangas.

"Saya sudah minta agar penerbangan perintis seminggu sekali segera beroperasi sambil menunggu bandara ini diresmikan," ujar Menhub Budi.

Dengan beroperasinya penerbangan perintis maka arus barang dan logistik bisa berjalan lancar. 

Keinginan Menhub untuk segera mengoperasikan penerbangan perintis di Pulau terluar paling utara Indonesia tersebut disambut gembira warga setempat. Menurut salah seorang warga Miangas, Markus menuturkan, bahwa warga membutuhkan transportasi yang reguler baik udara maupun laut agar tidak terisolasi.

Bandar udara Miangas dibangun oleh Kemenhub sebagai bagian dari program Nawacita Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran. 

Bandar udara Miangas memiliki panjang runway 1400 X 30 M dengan luas terminal penumpang 356 M2 dan dapat didarati oleh pesawat jenis ATR-72.