60 UMKM di Sergai Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Kamis, 6 Oktober 2016 | 09:52 WIB - Redaktur: Tobari - 567


Serdang Bedagai, InfoPublik - Sejumlah 60 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai)  hadir dalam Sosialisasi BPJS  Ketenagakerjaan  Bagi UMKM Sergai, di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (5/10).

Sosialisasi ini diselenggarakan atas kerja sama antara Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Koperasi Kabupaten Sergai dengan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sei Rampah yang diikuti 170 peserta yang berasal dari 60 UMKM se- Sergai.

Dinsosnakerkop Kabupaten Sergai mencatat bahwa di Sergai terdapat 85 UMKM yang terdata saat ini dan untuk kesempatan ini dapat dihadirkan 60 UMKM untuk mengikuti sosialisasi.

“Sosialisasi ini dimaksudkan agar pelaku UMKM tahu akan pentingnya jaminan social, khususnya bagi tenaga kerja yang diberikan oleh pemerintah,” ujar KepalaCabang BPJS Ketenagakerjaan Sergai Inggrid Mayasari.

Ia menjelaskan dalam sosialisasi bagaimana mekanisme BPJS Ketenagakerjaan dalam menjamin hak-hak tenaga kerja seperti biaya pengobatan, biaya Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), penggantian gigi tiruan, santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi serta bantuan beasiswa.

“Secara umum yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,” ujar Kadis Sosnakernakerkop Sergai Aguslan Simanjuntak, SE.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya para pelaku UMKM mengikutsertakan pekerja-pekerja di UMKM sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.(Mc Serdang Bedagai/Febri/toeb)