Sekda Ajak Muslimin Maknai 1 Muharam Sebagai Kontrol Diri

:


Oleh MC Prov Jambi, Senin, 3 Oktober 2016 | 16:39 WIB - Redaktur: Tobari - 196


Jambi, InfoPublik - Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, SH, MH, MM mengajak muslimin dan muslimah  memaknai 1 Muharam dengan bisa mengontrol diri dan bisa mawas diri. Ajakan ini disampaikan saat, menyambut Tahun Baru Hijriyah  1 Muharam 1438 H, di Masjid Agung Al-Falah Jambi. Sabtu (1/10) malam.

Adapun Tema peringgatan 1 Muharam tahun ini adalah "Pentingnya Menumbuhkembangkan Ekonomi Islam dalam Perekonomian Indonesia".

Dalam sambutannya, Sekda H, Ridham Priskap mengatakan bahwa berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi umat islam yang digelar oleh masyarakat dan pemerintah daerah, guna menyemarakkan momen pergantian tahun dalam kalender Islam itu.

"Momentum tahun baru Islam ini harapannya dapat menjadi wadah meningkatkan ukhuwah islamiah bagi masyarakat muslim di Provinsi Jambi,"jelasnya.

Dikatakan sekda, dalam memeriahkan 1 Muharam banyak kegiatan yang dilakukan, di antaranya Pawai Obor, Pawai Taaruf, Drum Band, dan tablig akbar yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan Bank Indonesia, Bank Syariah, dan Pemerintah Provinsi Jambi telah berlangsung selama 4 tahun.

Sebelumnya Bank Syariah telah mensosialisasikan kepada masyarakat di provinsi Jambi terkait beberapa program Bank Syariah yang berada di provinsi Jambi, mengingat minat masyarakat untuk nabung di bank syariah masih rendah.

“Sosialisasi program-program Bank Syariah di tengah masyarakat sangat diperlukan guna menarik minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah dengan nilai-nilai ajaran islam yang harus dipahami," kata sekda.

Sekda juga menjelaskan,  bertambah tahun usia kita semakin bertambah pula, akan tetapi umur kita semakin berkurang. Dengan menyadari hal sedemikian, maka kita harus lebih giat untuk beramal yang baik, sebagai bekal menuju hidup yang lebih panjang, yakni diakhirat.

Karena kebahagiaan dan kesengsaraan yang akan menimpa seseorang tergantung amalan yang dilakukan ketika mereka hidup di dunia. “Dengan kehidupan yang serba singkat ini, kita berupaya berlomba meraih amal yang shaleh, agar kelak kita tidak mengalami penyesalan yang tidak guna," kata Sekda.

Sementara ceramah Agama yang disampaikan Al-Ustad Samsul Arifin Nababan dari Jakarta,  menyampaikan tema Hijrahlah kita kepada jalan Allah.

"Dalam memperingati tahun baru Islam, marilah kita masuki tahun ini dengan lembaran-lembaran baru, kita isi dengan amalan-amalan yang diridoai Allah Swt, kita berusaha untuk membuang jauh-jauh amalan yang jahat. Agar kehidupan kita berakhir dengan khusnul khatimah." jelasnya

Turut serta pada kesempatan ini, unsur Forkompimda Provinsi Jambi, para Kepala SKPD Provinsi Jambi, Ketua Lembaga Adat Provinsi Jambi H. Hasip Kalimuddin Syam, para tokoh masyarakat dan para undangan lainnya (MC.Humas Prov.Jambi/toeb)