Puskesmas Suak Tapeh Gelar Sosialisasi Belkaga

:


Oleh MC Kabupaten Banyuasin, Jumat, 30 September 2016 | 11:27 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Banyuasin – Puskesmas Suak Tapeh menggelar KegiatanSosialisasi Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga). Kegiatan ini digelar diPendopoan Kecamatan Suak Tapeh, Rabu (21/9). 

Sosialisasi Belkaga penyakit kaki gajah yang dibuka Kepala Puskesmas Suak Tapeh dan diikuti para kader filariasi, bidan desadan beberpa kepala desa se- Kecamatan Suak Tapeh.

Kepala Puskesmas Suak Tapeh Dr Lice Niati dalamsambutannya menyampaikan, kaki gajah adalah penyakit infeksi bersifat menahundisebabkan oleh Cacing Falaria yang ditularkan oleh nyamuk dan melalui koordinator pelaksanaan mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk melaksanakanpemberikan obat Filariasis.

“Penyakit Filariasis ini, salah satu programprioritas Nasional dibidang kesehatan, dalam upaya pengendalian penyakitmenular. Maka bagi masyarakat berusia 2-70 tahun, yang tidak lagi hamil ataupenderita sakit berat, wajib minum obat pencegah penyakit kaki gajah”, ucapnya.

lanjutnya Dr Lice Niati berharap sosialisasi inidilakukan untuk mencapai kesepahaman bersama seluruh elemen masyarakat terkait dalampemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah kepada masyarakat, para kader filariasis,bidan, kepala desa untuk menyampaikan sosialisasi ini pada masyarakat dankepada seluruh masyarakat untuk aktif dan menerima obat filariasis tersebut danmengkonsumsi obat filariasis yang diterima.

“Disalah satu desa di wilayah kecamatan suaktapeh sudah ditemukan penderita penyakit kaki gajah (filariasis), dari itu halpencegahan ini perlu dilakukan untuk langkah antisipasi dan jika pemberian obatfilariasis di nilai gagal maka pemberian obatan ini akan diperpanjang,”jelasnya.

Adapun sesuai dengan peraturan pemerintahan, jikakegiatan pemberian obat filariasis dinilai gagal maka akan diperpanjang tiga kalilipat,”tegasnya.

“Penyakit Kaki Gajah (Filariasis) penyakit Infeksiyang bersifat menahun disebabkan Cacing Filaria dan ditularkan oleh nyamuk.Penularan penyakit kaki gajah dari seorang yang darahnya mengandungmikrofilaria kepada orang lain melalui gigitan nyamuk,” jelasnya

“Gejala dan tanda penyakit kaki gajah demanberulang ulang, pembengkakan saluran getah bening sehinggah terlihat bengkak diderah lipatan paha, ketiak yang tampak kemerahan panas dan sakit. Timbul Adses(bisul) bahkan pembesaran kaki, lengan, payudara, atau  buah zakar,”ungkapnya.(MC.Banyuasin/Eyv)