Kemperin Dorong Kerjasama Pengembangan IKM

:


Oleh Wawan Budiyanto, Senin, 19 September 2016 | 09:26 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 146


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perindustrian (Kemperin) mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) melalui bantuan dan dukungan akses pembiayaan. 

Dukungan yang diberikan adalah bantuan peningkatan kapasitas IKM agar mampu menghasilkan produk yang memenuhi standar kualitas industri dan SNI. Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan IKM. "Kemperin mendukung kebutuhan logistik untuk ekspor IKM serta memfasilitasi perusahaan startup domestik," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam siaran resminya yang diterima InfoPublik, Minggu (18/9).

Menperin menjelaskan, saat ini pemerintah tengah membangun platform yang menghubungkan pelaku IKM dengan e-commerce untuk meningkatkan kapabilitas IKM di pasar.  

Ia mengatakan pemerintah juga mendukung pembuatan arsitektur untuk platform asal luar negeri yang mendukung pengembangan IKM.

Selama ini, hambatan bagi IKM adalah adanya regulasi-regulasi yang menyulitkan, sehingga diperlukan kebijakan deregulasi dan paket ekonomi. 

Strategi mengembangkan IKM adalah dengan menjadikannya bagian dari ekonomi formal. Dukungan yang diperlukan IKM antara lain dalam bentuk pelatihan, fasilitasi akses pasar, serta promosi.