Bupati Ancam Copot Kepala Sekolah Berkinerja Buruk

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 8 September 2016 | 20:41 WIB - Redaktur: Tobari - 668


Bone Bolango, InfoPublik – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengancam akan memberhentikan dan mengganti kepala sekolah (Kepsek), yang berkinerja rendah atau buruk. 

“Saya serius mengganti Kepsek-nya, jika kinerjanya rendah maupun buruk,” tegas Hamim Pou saat memberikan arahan pada kegiatan sosialisasi bahaya narkoba, bullyng, obat terlarang, pergaulan bebas, dan peningkatan disiplin kepada Kepsek SMP, SMA, SMK, Pengawas, UPT, Ketua OSIS se Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Huyula kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (8/9) itu, turut dihadiri Waka Polres Bone Bolango Kompol Moh. Mukhson, Kepala BNNK Bone Bolango Abd. Haris Pakaya, dan Kepala Dinas Dikbud Bone Bolango Marni Nisabu.

Acuan untuk mengganti Kepsek tersebut adalah jika ia masih menerima laporan dari pihak kepolisian maupun temuan-temuan di lapangan masih ada siswa atau anak-anak didik di setiap sekolah yang kedapatan membawa senjata tajam (Sajam), minum minuman keras (Miras), narkoba maupun obat terlarang, dan melakukan kegiatan negatif lainnya.

Tidak hanya itu, persoalan fenomena saling membullyng, saling melecehkan, meremehkan, bahkan menghina sesama siswa harus dicegah di lingkungan sekolah. Tidak hanya di lingkungan sekolah, diluar sekolah pun tidak boleh ada seseorang atau siswa yang merendah bahkan menghina teman-temannya.

”Ini beberapa hal aktual yang perlu saya ingatkan kembali. Saya minta kesungguhan dan keseriusan dari bapak dan ibu Kepsek untuk diberi perhatian, ditindaklanjuti dan dicegah di setiap lingkungan sekolah, karena ini berhubungan dengan kinerja saudara-saudara semua,”tegas Bupati Hamim Pou.

Kepsek termasuk para guru tidak boleh terjebak pada hal-hal yang formal. Karena itulah pendidikan dan pengajaran sesuatu yang tidak boleh dipisahkan. Sekali lagi, ini dalam upaya mencegah dini, supaya hal-hal negative tadi tidak terjadi terhadap putra-putri kita di Bone Bolango.

Makanya perlu mendapat perhatian khusus dan kesungguhan dari Kepsek, termasuk pengawas dan guru. 

Bupati akan meminta pertanggungjawaban dari para Kepsek, jika setelah ini pihak kepolisian melaporkan masih ada temuan-temuan bahwa ada siswa yang membawa Sajam ke sekolah, narkoba, Miras, dan melakukan hal-hal negatif lainnya.

“Maka Kepsek-nya akan saya copot. Saya serius mengganti Kepsek-nya, karena kinerjanya rendah dan buruk. Saya harus menegakkan disiplin dilingkungan pendidikan,”tegasnya kembali.

Bupati menambahkan untuk mencegah hal-hal negatif tersebut tidak terjadi di lingkungan sekolah atau pendidikan di Kabupaten Bone Bolango, maka yang perlu di aktualkan dan digenjot lagi di tiap sekolah dengan melibatkan OSIS di dalamnya adalah kegiatan ekstrakulikuler.

Kegiatan ekstrakulikuler harus dihidupkan kembali di setiap sekolah, seperti kegiatan Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, dan sebagainya ini harus disemarakkan di tiap sekolah di Kabupaten Bone Bolango.

“Jadikan sekolah kita di Bone Bolango menjadi sekolah yang hebat, tanpa narkoba, tanpa Sajam, tanpa Miras, dan hal-hal negative lainnya,” kata Bupati Hamim Pou. (Hms/Kadir/toeb)