Pj Walikota: Akhiri Kekerasan Terhadap Anak

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Senin, 29 Agustus 2016 | 11:37 WIB - Redaktur: Kusnadi - 471


Pematangsiantar, InfoPublik - Sebagai generasi penerus cita-cita bangsa, yang kelak menjadi pemimpin bangsa, setiap anak harus jadi prioritas. Untuk itu sejak dini, mereka harus dibimbing untuk mengembangkan dan mengekpresikan dirinya dalam kegiatan positif.

Hal tersebut dikatakan Pj.Walikota Pematangsiantar Drs.Jumsadi Damanik,SH.M.Hum dalam sambutannya pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2016, Jumat (26/8) di halaman Kantor BP2KB, Jalan Regu Pematangsiantar.

Dengan tema “Akhiri Kekerasan Terhadap Anak”   peringatan HAN 2016 ini bermaksud meningkatkan kualitas pelayanan tumbuh kembang dan perlindungan anak. “Peringatan HAN ini dilakukan sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, karena anak adalah sebuah titipan dari Allah SWT yang wajib untuk dijaga, dilindungi, dan diberikan kasih sayang tanpa harus melakukan kekerasan,” tegasnya.

Seluruh orang tua, para pendidik diminta berperan penting dalam mendidik anak. Ketika anak melakukan suatu kesalahan, dimohon untuk selalu sabar dan memberikan bimbingan positif, tidak boleh memarahi anak dengan mengeluarkan kata-kata kasar dan kekerasan. Para orang tua harus paham bahwa, setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, kesehatan dan kesempatan.

“Tumbuh kembang anak sangatlah penting, agar nantinya dapat menjadi generasi penerus Kota Pematangsiantar yang memiliki produktivitas dan daya saing yang tinggi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) drg. Rumondang Sinaga,MARS selaku panitia peringatan HAN melaporkan, tujuan peringatan HAN ini untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap Individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mengakhiri kekerasan pada anak. Juga mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak.

Sebelum menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, Pj.Walikota bersama Kepala Badan P2KB, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny.Silvy Diana Donver Panggabean, mewakili Kapolres, Kajari, Pengadilan Negeri, Tim Penggerak PKK serta para Kadis, Kaban, Kakan, serta para Camat terlebih dahulu meninjau kerajinan tangan anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba mewarnai dan melukis, lomba Pidato Bahasa Inggris dengan peserta dari delapan kecamatan di Kota Pematangsiantar. (Humas Pemko Pematangsiantar/Kus).