Dinkes Agam Siapkan SDN 09 Cubadak Ikuti LSS Tingkat Sumbar

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 23 Agustus 2016 | 12:23 WIB - Redaktur: Tobari - 398


Agam, InfoPublik - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam mulai mempersiapkan sekolah dasar negeri (SDN) 09 Sungai Cubadak Kecamatan Baso dan SMAN 1 Tanjung Mutiara, untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Sumatera Barat. 

"Terkirimnya kedua sekolah ini karena telah berhasil keluar sebagai juara lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Agam tahun 2015, dan ditetapkan sebagai wakil Kabupaten Agam dalam lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 2016," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra di Lubuk Basung, Jum’at (19/8). 

Ia menjelaskan, saat ini Dinkes Agam tengah melakukan koordinasi program untuk merumuskan rencana operasional persiapan yang akan dilaksanakan di masing-masing sekolah, TP UKS kecamatan dan TP UKS Kabupaten Agam. 

"Dari informasi yang kita terima dari TP UKS Provinsi Sumatera Barat, jadwal penilaian tingkat provinsi ini akan dilaksanakan pada Oktober 2016," katanya. 

Terkait, dengan waktu yang tersedia untuk persiapan relatif singkat, hanya sekitar 2 bulan, yakni pada Agustus sampai September 2016. Untuk itu, pihaknya meminta kepada dua Puskesmas (Baso dan Tiku) segera menyusun jadwal persiapan bersama sekolah yang akan dinilai tersebut.  

Terutama persiapan yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak didik dan masyarakat sekolah lainnya. Disamping persiapan fisik serta sarana prasarana yang harus dikoordinasikan secara lintas sektor dengan Unit Pelaksana Teknis  (UPT) SKPD lainnya yang ada di kecamatan dan nagari. 

Disamping itu, pihaknya juga meminta kepada secara tertulis kepada semua seksi dan bidang serta kepala puskesmas segera membantu penyusunan materi kurikulum pelatihan dokter kecil disetiap TK dan SD serta materi pelatihan kader kesehatan remaja untuk SLTP dan SLTA. 

Ini bertujuan untuk lebih mengefektifkan peran anak sekolah sebagai duta kesehatan di rumah tangga sehingga cakupan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga terangkat dengan sendirinya. (MC Agam/toeb)