Kabupaten Banjar Di Usianya Ke-66 Diharapkan Lebih Maju Dan Berkembang

:


Oleh MC Banjar, Jumat, 19 Agustus 2016 | 10:47 WIB - Redaktur: Kusnadi - 459


Martapura, InfoPublik – Puncak perayaan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-66 telah dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalekha Martapura, Kamis (18/8), terlihat masyarakat Kabupaten Banjar berkumpul untuk mengikuti dan menyaksikan beberapa event yang sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk  mengisi Puncak Perayaan Hari Jadi Kabupaten Banjar.

Pada sambutannya, Bupati Banjar H Khalillurrahman menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Banjar yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah Kabupaten Banjar di era kepemimpinannya.

Khalilurrahman berharap di usianya yang ke-66 ini, Kabupaten Banjar akan lebih maju dan berkembang sehingga terwujudnya  Kabupaten Banjar yang sejahtera serta Barokah.

Ia juga menjelaskan, untuk mewujudkan visi Kabupaten Banjar yang ”Sejahtera dan Barokah”, yang sekaligus menjadi tema pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar yang ke-66 tahun ini, pemerintah Kabupaten Banjar memfokuskan pada prioritas program dan kegiatan   bidang pendidikan, dengan perbaikan kualitas pendidikan formal dan pendidikan agama serta pendidikan keagamaan.

“Sementara itu, pada bidang kesehatan, kami akan melakukan upaya-upaya peningkatan serta pelayanan dengan memberikan perhatian khusus kepada warga Kabupaten Banjar yang tidak mampu. Perlu kami sampaikan pula bahwa saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura dalam hal fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjutan, memiliki akreditasi Tipe B dan menjadi rujukan BPJS se-Banua Enam,” katanya.

Bidang Infrastruktur, katanya, pihaknya mengupayakan pemerataan, pembangunan jalan dan jembatan, terutama akses masyarakat yang berada di desa yang sulit dijangkau dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas perekonomian serta pemerataan pembangunan.

Sementara Itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas Kabupaten Banjar yang sudah menginjak usia 66 tahun.

Gubernur Kalsel juga menyatakan rasa bangganya dengan pemerintah Kabupaten Banjar yang selalu memiliki prestasi, sehingga mampu mengangkat nama Provinsi Kalimantan Selatan di kancah Nasional maupun International.

Ia mengungkapkan, Kabupaten Banjar perlu percepatan pembangunan di beberapa aspek, terutama terkait dengan upaya untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM), peningkata angka  rata-rata lama sekolah serta peningkatan usia harapan sekolah.

Sahbirin Noor juga mengajak untuk terus bergerak maju dalam membangun kota Serambi Mekkah secara berkasinambungan dan berkelanjutan.

Pada acara Puncak Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-66, Bupati Banjar juga menyerahkan Piagam Adipura Kencana, kepada SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Banjar yang berjasa terhadap peraihan Adipura Kencana 2016 dan Tropi Adiwiyata kepada kepala Sekolah SMPN 4 Martapura, serta Piagam Adiwiyata Mandiri Kepada Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA yang  berusaha sebaik mungkin menjaga kebersihan sekolahnya.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Banjar  H Rusli, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adani, Bupati Tanah Bumbu H Maming, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Ir Nasrun Syah, Mantan Menteri Lingkungan Hidup GT Muhammad Hatta, Forum Kominda Kalimantan Selatan, Forumkominda Kabupaten Banjar, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar,  Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat Lainnya.(Hum/Mcbanjar/zay/Kus)