Menpora Imam Nahrawi Harap Atlet Panahan Raih Hasil Terbaik di Rio de Janeiro

:


Oleh Astra Desita, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 21:28 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 612


Jakarta, InfoPublik - Menpora Imam Nahrawi mendampingi para pepanah yang tengah berlaga di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Imam hadir di Gelanggang Sambadrome.

Menpora berada di Brasil untuk memberikan semangat kepada atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Atlet-atlet panahan menjadi tim pertama yang dikunjungi dan mendapat dukungan moril dari menpora ketika cabang ini sudah menjalani hari pertama lomba di gelanggang Sambadrome, Jumat (5/8/2016) pagi waktu setempat.

"Kami berharap atlet-atlet panahan bisa membidik hasil terbaik demi Merah Putih. Meskipun lawan-lawan yang dihadapi sangat tangguh, saya optimistis atlet-atlet kita bisa fokus untuk mempersembahkan medali, syukur bisa emas," kata Menpora yang juga didampingi istrinya Shobibah Rohmah dan Ketua Kontingen Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Ketua KOI Erick Tohir dan Dubes RI untuk Brazil, Toto Riyanto, melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu, (6/8).

Menpora memberikan dukungan semangat kepada atlet panahan Muhammad Hanif Wijaya dan mendapat penjelasan dari pelatih panahan putra Denny Trisyanto. Kepada Menpora, Denny memberi penjelasan mengenai aturan pertandingan serta nomor-nomor cabang panahan yang dipertandingkan.
Pada Jumat pagi hingga siang waktu setempat, cabang olahraga panahan mengawali lomba dengan babak kualifikasi guna menentukan peringkat dan grup. Baik untuk beregu maupun perorangan putra dan putri.

Pada cabang panahan Olimpiade ke-31 ini, Indonesia menyertakan empat atlet. Yaitu Riau Ega Agatha Salsabila, Hanif, dan Hendra Purnama di sektor putra dan satu atlet putri Ika Yuliana Rochmawati. 'Tiga Arjuna' Indonesia untuk nomor recurve beregu putra, Riau Ega, Hanif dan Hendra akan menjadi asa pertama bagi Indonesia untuk mempersembahkan emas di multi ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.

"Hari pertama ini baru babak kualifikasi, mari kita doakan semoga besok mendapatkan emas," tambah Menpora.

Di akhir babak kualifikasi panahan putra Indonesiaberada di urutan 10 dari 12 tim. Pada nomor perorangan, Riau Ega berada di urutan ke-33 dengan poin 660, Hendra ke-40 dengan 655, dan Hanif di urutan ke-49 dengan 647. Total poin yang dicatat Tim Indonesia adalah 1922, masih unggul atas Brasil dan Malaysia.

Untuk sementara Korea Selatan masih menjadi yang terkuat dengan total poin 2057, diikuti Amerika Serikat 2024 dan Italia 2007. Tunggal putra Korea Selatan, Kim Wo-jin juga mencatatkan rekor dunia baru dengan 700 poin.

Putaran final nomor beregu putra akan dilaksanakan pada hari Sabtu (6/8/). Indonesia dijadwalkan berjumpa dengan Taiwan. Untuk nomor perorangan putra dan putri akan digelar Senin (8/8).