Serangan Hama Wereng , Pemko Metro Tinjau Persawahan

:


Oleh MC Kota Metro Lampung, Selasa, 26 Juli 2016 | 12:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 367


Metro, InfoPublik - Walikota Metro Achmad Pairin meninjau area persawahan yang terkena Hama Wereng di Kecamatan Metro Selatan Kota Metro, Selasa, (18/07).

Peninjauan yang langsung ke area sawah, Walikota Metro didampingi Wakil Walikota Metro Djohan, Plh. Sekda Metro Khaidar Mansyah, Kepala Dinas Pertanian Yerri Ehwan, Kepala Penyuluh Pertanian Megawati,  juga  bersamaan untuk memberikan bantuan pestisida kepada petani.

Menurut Edi Triyono dari POPT Provinsi Lampung, upaya pencegahan sudah dilakukan, juga sudah di lokalisir pada areal yang terkena hama wereng. Hal ini, agar tidak meluas ke semua areal persawahan di Kecamatan Metro Selatan.

“Namun upaya dan pencegahan belum seluruhnya dilakukan, untuk mengantisipasi timbulnya kerusakan terutama terhadap predator pemangsa wereng,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, areal persawahan yang terbanyak terkena hama wereng yaitu di Metro Selatan yang seluas 2 Ha. “Untuk daerah lain, seperti Metro Barat seluas 1,5 Ha, Metro Timur 1 Ha, sedangkan untuk wilayah Metro Pusat dan Metro Utara hanya sedikit yang terkena hama wereng ini,” ucapnya.

Tambahnya, Pairin juga menuturkan, bahwa pihak Pemerintah Daerah sudah melakukan sosialisasi kepada para petani, untuk mengantisipasi dampak meluasnya hama wereng ini. Sementara untuk saat ini, sudah dapat teratasi dan di isolasi areal yang terkena wabah hama wereng.

“Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga areal persawahan ini, dengan melakukan penyemprotan sebagai upaya pencegahan perluasan hama di sekitar, agar memperolah hasil panen yang maksimal”, tutup Pairin.(MC.Metro/Eyv)