Tujuh Suku Besar di Selatan Papua Harus Bersatu dan Komit

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Senin, 18 Juli 2016 | 16:37 WIB - Redaktur: Tobari - 4K


Merauke, InfoPublik - Tujuh Suku besar di selatan Papua, di antaranya  Suku Marind, Suku Mandobo, Suku Muyu, Suku Mappi, dan Suku Asmat, harus bersatu dan komit dalam memperjuangkan pemekaran Kota Merauke, Kabupaten Muyu, Mandobo, dan Muara Digoel untuk dapat terbentuknya Provinsi Selatan Papua.

“Agar Provinsi Papua Selatan bisa terbentuk,  tujuh suku besar yang ada di Selatan Papua itu harus bersatu dan komitmen untuk melakukan pemekaran,’’ kata tokoh Suku Muyu  Drs Stefanus Kaguop, yang juga Kepala Distrik Kurik-Merauke, itu kepada wartawan   di Merauke, Kamis (14/7).

Menurut Stefanus Kaguop, jika pemekaran tersendat-sendat maka yang akan susah dan terbelakang adalah warga yang ada di bagian Selatan Papua tersebut. Kalau kita masih  tergantung terus ke Provinsi Papua, maka kita akan susah dan terbelakang di negeri ini.  

Menurut Stefaus Koguop, orang di Selatan  Papua tersebut harus banyak belajar kepada saudara-saudaranya yang ada di Papua Barat maupun yang ada di Pengunungan Tengah. Mereka bersatu dan komit dalam memperjuangkan pemekaran sehingga yang terjadi banyak kabupaten pemekaran.

‘’Kita harus banyak belajar kepada mereka. Bagaimana  dalam memperjuangkan pemekaran itu, supaya bisa lolos. Saya lihat, mereka punya keberanian sehingga bisa menghadirkan sejumlah kabupaten baru. Berbeda dengan kita yang selama ini berjuang sendiri-sendiri,’’ jelasnya.

Ditambahkan, aspirasi tersebut harus dibawa ke provinsi dan pusat.  ‘’Jika mereka tidak mau, banyak jalan alternatif. Tapi yang   penting dilakukan pertama-tama bagaimana kita dari 7 suku besar ini bersatu dan mendorong  aspirasi itu ke pusat melalui provinsi,’’ katanya.  (02/mc/mrk/Abd/toeb)