Tokoh Samin Kabupaten Blora Ajak Hidup Rukun

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Sabtu, 9 Juli 2016 | 22:25 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 723


Blora, Info Publik - Melalui momentum Lebaran 2016 tokoh Samin Sikep Engkrek Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora mengajak semua umat untuk lebih bijak dalam menjaga kerukunan, menanamkan sikap saling menghormati dan memaafkan kepada sesama manusia.  

Meski memiliki kepercayaan sendiri, Sedulur Samin Sikep Engkrek tersebut memiliki sikap toleransi yang cukup tinggi.“Sikap saling rukun, menghormati dan memaafkan itu harus selalu dijaga dan ditanamkan, terlebih kepada orang tua,” ujar Lasio, tokoh Samin Sikep Engkrek Dusun Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Sabtu (9/7).Menurut Lasio, saling maaf memaafakan tidak harus dilakukan setahun sekali, melainkan bisa dilakukan setiap waktu. Sebab manusia tempatnya lupa dan khilaf.

“Namun, ada yang  bekerja di tempat jauh dan baru bisa dilakukan setahun sekali, itu bisa dimaklumi, sudah seharusnya  sungkem, minta maaf dan minta doa restu kepada orang tua yang masih hidup,” jelasnya.Bagi mereka yang orang tuanya sudah meninggal, kata Lasio, dipersilahkan berziarah ke makam. 

Diungkapkan oleh Lasio, bagi yang masih memiliki orang tua agar selalu minta doa restu ketika akan melakukan perjalanan atau mempunyai niat yang baik dalam kehidupan.“Agar minta doa restu kalau ingin perjalanan atau mempunyai niat, sehingga selamat dan niatnya terkabul,” ujarnya. (MC.Blora/guh/eyv)