BLK Merauke Latih 48 Binaan Lapas Merauke

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Senin, 27 Juni 2016 | 11:13 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Merauke, InfoPublik - Balai Latihan Kerja (BLK)  Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Merauke memberikan pelatihan  kepada 48 warga binaan Lapas Merauke, yang pelaksanaannya berlangsung selama  20 hari kerja  di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Merauke.  

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Merauke Dwi Santoso menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, dalam hal ini Balai Latihan Kerja  Kabupaten Merauke, yang memberikan pelatihan kepada warga binaan Lapas Klas IIB Merauke.

‘’Kami terima kasih karena ada perhatian pemerintah melalui BLK kepada warga binaan kami dalam memberikan pelatihan sebagai bekal keterampilan saat mereka keluar nanti,’’ kata  Dwi Santoso, ketika  ditemui di ruang kerjanya, Jum’at  (24/6).  

Dwi Santoso membeberkan  bahwa 48 warga binaannya ini mengikuti pelatihan berupa las industri,  service AC dan instalasi listrik. ‘’Masing-masing  jurusan sebanyak 16 orang,’’ katanya.

Dia berharap,   ilmu dan keterampilan yang didapatkan  dari BLK ini dapat dimanfaatkan ketika mereka bebas nantinya, sehingga bisa mempermudah mencari  pekerjaan di luar.  Dijelaskan, mereka yang mengikuti  pelatihan ini adalah mereka yang sudah memasuki  program pembebasan bersyarat (PB).

‘’Mereka yang    sudah masuk pembebasan  bersyarat yang sedang menunggu suratnya, sehingga nantinya tidak terlalu lama setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa membawa ilmu dan keterampilan yang diperoleh itu di luar,’’ jelasnya.    

Dikatakan, setiap tahunnya pihaknya bisa bekerja sama dengan BLK dalam rangka pembinaan bagi warga  binaan Lapas Merauke. ‘’Selama ini kerja sama dengan BLK terjadi dengan baik. Setiap tahun kita diajak dan kita diberikan kesepatan oleh BLK untuk para narapidana  menimba ilmu kepada mereka,’’ katanya.

Biasanya  pelatihan itu dilakukan langsung  di BLK Merauke namun tahun ini di Lapas Merauke. Menurut Dwi Santoso, itu terjadi karena ruangan BLK yang ada digunakan untuk pelatihan bagi para pencari kerja lainnya. (02/mc/mrk/Abd/toeb)